Pacitan

Telusuri Hulu-Hilir Perdagangan Ikan Hiu

Polisi Tegaskan Adanya Larangan Penangkapan

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Tumbuh suburnya perdagangan daging ikan hiu di Pacitan menarik atensi polisi. Polres Pacitan segera berkoordinasi dengan banyak instansi untuk menelisik terang benderangnya jual beli daging hewan pemangsa itu. ‘’Karena ada aturan yang melarang penangkapan hiu,’’ kata Kapolres Pacitan AKBP Sugandi Senin (4/11).

Sugandi menyebut, banyak hal yang bakal diulik ihwal peredaran daging hiu kondisi mentah dan potongan itu. Selain memastikan termasuk dalam kategori dilindungi tidaknya. Juga alur pendistribusian yang belakangan disebut-sebut bukan dari luar Pacitan. ‘’Kami coba memastikan dulu,’’ ujarnya.

Dia menyebut, kepastian dari serangkaian yang bakal ditelisik itu butuh bantuan pihak-pihak berkompeten. Sebab masyarakat kabupaten ini telah menganggap biasa mengonsumsi ikan hiu. Bahkan sudah diolah digoreng atau diasap. ‘’Jenis hiu yang dilindungi seperti martil dan koboi. Tapi, penangkapan hiu juga ada pertimbangan seperti ukuran dan usia,’’ paparnya.

Mata rantai perdagangan komoditas yang dijual tanpa sirip, kepala, ekor, dan jerohan bakal diperdalam. Menelusuri dari hulu ke hilir. ‘’Apakah ada sindikat dari nelayan terkait penangkapan hiu,’’ jelas kapolres.

Sugandi menyebut, tidak menutup kemungkinan nelayan kabupaten ini masuk dalam lingkaran perdagangan. Perkumpulan nelayan bakal diajak koordinasi. ‘’Perlu pendalaman ada tidaknya kesengajaan dalam menangkap,’’ pungkasnya. (den/cor)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close