Telaga Wahyu Bakal Dilengkapi Kolam Renang

133

MAGETAN – Pamor Telaga Wahyu masih kalah jauh dengan Telaga Sarangan. Keberadaannya yang terkesan kurang terawat menjadikan objek wisata air itu jarang dilirik wisatawan. Padahal letak telaga tersebut berada persis di pinggir jalan raya. Tapi, sesungguhnya banyak potensi yang bisa dikembangkan dari Telaga Wahyu.

Konsep pengembangan telaga itu dimulai awal 2018. Kala itu, pemkab membenahi sejumlah titik di sekitar telaga. Seperti membangun lima unit kios dan menambahkan area jogging track di sisi utara telaga. Pemkab juga menggandeng PT Kencana Lestari untuk menyusun masterplan pengembangan kawasan Telaga Wahyu dan tuntas pada akhir 2018 lalu. ‘’Dengan selesainya masterplan itu, kami memiliki acuan yang jelas dalam membangun Telaga Wahyu,’’ kata Kabid Pengelolaan Pariwisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Magetan Hadi Sumarno kemarin (6/2).

Nah, pada salah satu poin untuk pengembangan kawasan Telaga Wahyu, beberapa fasilitas publik akan dibangun. Termasuk di dalamnya lahan penduduk. Sementara proses pengembangan dilakukan secara bertahap tanpa ada batasan waktu. Tujuannya agar objek wisata itu bisa terus berbenah supaya tak ditinggalkan wisatawan. ‘’Masterplan itu sifatnya acuan, bukan sebuah perencanaan pembangunan,’’ ujarnya.

Karena itu, masterplan tersebut tak menutup kemungkinan bisa direvisi. Paling tidak setelah lima tahun atau jika dianggap sudah tidak relevan dengan situasi dan kondisi. ‘’Kalau dipandang masih baik dan relevan, tidak direvisi juga tidak apa-apa. Jadi, fleksibel,’’ tutur Hadi.

Pengembangan kawasan Telaga Wahyu juga disesuaikan dengan rencana induk pembangunan kepariwisataan daerah (riparda). Tujuannya tak lain mendongkrak kunjungan wisatawan ke Magetan dan meningkatkan PAD. ‘’Kalau ingin PAD meningkat, memang harus dikembangkan terus,’’ tegasnya.

Yang jelas, kata Hadi, konsep pengembangan Telaga Wahyu jauh berbeda dengan Telaga Sarangan. Seperti penambahan wahana wisata air, rumah pohon, serta kolam renang. ‘’Dengan begitu, banyak aktivitas yang dapat dikerjakan di Telaga Wahyu,’’ pungkasnya. (bel/c1/her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here