Pacitan

Telaga Sobo Mulai Mencuri Perhatian

PACITAN – Potensi wisata alam di Pacitan seolah tidak ada habisnya. Tidak hanya deretan pantai nan indah dan gua yang eksotik, Pacitan juga memiliki sejumlah telaga. Salah satunya Telaga Sobo di Desa Sobo, Pringkuku. Cekungan alami yang terbentuk ribuan tahun itu kini mulai kerap menghiasi laman media sosial para fotografer.

Meski tak sesejuk Sarangan, Telaga Sobo memiliki eksotisme tersendiri yang mampu memikat hati wisatawan. Telaga itu dikelilingi bukit menghijau hingga menimbulkan pantulan warna air menjadi kehijauan. ‘’Belum lama ini ada yang foto pre-wedding di sini,’’ ujar Muhammad Rizal, salah seorang pemuda setempat.

Selain indah dipandang, telaga tersebut dimanfaatkan warga setempat sebagai sumber irigasi sawah. Sayangnya, lokasi telaga yang di atas berbatuan kars membuat air tidak bertahan lama. Biasanya, di pertengahan musim kemarau air di kolam raksasa tersebut surut. ‘’Kalau memasuki musim penghujan airnya ada lagi, begitu seterusnya,’’ jelas Rizal

Untuk menuju Telaga Sobo tak terlalu sulit. Perjalanan dari Pantai Watukarung hanya sekitar setengah jam. Pun, lokasinya yang di tepi jalur Watukarung-Pringkuku membuat danau itu kerap jadi jujukan warga dari Solo beristirahat usai berkunjung ke pantai.

Mengingat keberadaan telaga yang masih perawan, sejauh ini belum ada fasilitas seperti toilet maupun warung-warung yang menjajakan makanan di lokasi tersebut. P)un, bila hendak ke bibir telaga, wisatawan mesti melewati jalan setapak. (gen/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close