Magetan

Telaga Sarangan Rawan Terjadi Laka Air

Beri Pengamanan Ekstra Wisatawan

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Layanan keamanan pengunjung Telaga Sarangan ditingkatkan. Selain menempatkan dua perahu fiber, petugas BPBD juga berencana menambah pelampung. ”Selama ini persediaan pelampung bagi pengunjung Telaga Sarangan masih terbatas,” kata Kepala Pelaksana BPBD Magetan Ari Budi Santosa Rabu (19/2).

Sebelumnya, perahu itu merupakan pengadaan tahun anggaran 2019. Hanya, modelnya belum sesuai spesifikasi. Untuk meng-upgrade perahu tersebut tentu butuh dana besar. Tapi, alokasi anggaran yang tersedia saat ini masih kurang. ‘’Kalau korban sudah meninggal dunia mungkin masih bisa. Kalau yang masih bernyawa kan butuh kecepatan,” ujarnya.

Di samping perahu dan pelampung, pihaknya juga menyiagakan lifeguard di Telaga Sarangan. Mereka akan memantau aktivitas pengunjung di sekitar telaga. ‘’Di sini kan sudah ada lifeguard dari disparbud, harapannya kami bisa klop dengan mereka juga,’’ tutur Ari.

Pihaknya tak menampik bahwa Telaga Sarangan rawan laka air. Karena itu, pengawasan pengunjung mesti ditingkatkan. Pengawasan juga diberlakukan bagi warga setempat yang memancing di bibir telaga. “Jadi, memang perlu disiagakan perahu untuk penyelamatan,’’ ucapnya.

Lebih lanjut, Ari berupaya untuk mengusulkan bantuan mesin ke BNPB atau BPBD Jatim. Dia menilai kawasan wisata seperti Telaga Sarangan butuh sarana dan prasarana penanganan dan penyelamatan ekstra. ‘’Agar petugas bisa lebih lancar dalam melakukan penyelamatan,’’ ujarnya. (fat/c1/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close