AdvertorialMagetan

Tekad Dinkes Magetan Peringati HKN Ke-55 Tahun 2019

Cetak Generasi Unggul, Upayakan Stunting Turun

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Meski sudah di bawah target capaian Pemprov Jatim, Dinas Kesehatan (Dinkes) Magetan belum puas dengan angka stunting di wilayah kerjanya. Angka stunting yang tersisa 10,45 persen itu bakal didorong penurunannya. Komitmen tersebut disampaikan bersamaan peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55 tahun ini. ‘’Sebenarnya sudah baik, karena di bawah target provinsi, tapi akan kami upayakan turun,’’ kata Sekda Magetan Bambang Trianto.

Pelaksana tugas (Plt) Kadinkes Magetan Furiana Kartini menambahkan, penderita stunting tersebar di seluruh desa dan kelurahan di Magetan. Hanya saja, jumlahnya relatif kecil. Dinkes Magetan pun meminta bidan desa dan kader posyandu memberikan treatment. Mulai cara menimbang hingga mengukur tinggi balita. Sebab, 1.000 hari pertama itu menjadi momen yang pas untuk mencetak generasi sehat Indonesia unggul. Sesuai dengan tagline peringatan HKN 2019. ‘’Kami terus sosialisasi,’’ tegasnya.

Selain itu, Dinkes Magetan me-launching public safety center 119 dalam peringatan HKN yang diselenggarakan di tribun upacara RSUD dr Sayidiman Magetan, Selasa lalu (12/11). Tim reaksi cepat bentukan dinkes ditugaskan menangani permasalahan yang terjadi di tengah masyarakat. Seperti adanya kecelakaan. Hanya dengan menghubungi 0351 8900 119, masyarakat akan mendapatkan panduan bagaimana menangani pasien sembari menunggu tim PSC 119 datang ke lokasi. ‘’Ini salah satu inovasi kami,’’ ujarnya.

Dinkes juga mengadakan lomba untuk memperingati HKN tahun ini. Ada tujuh kategori lomba. Mulai dari ponkesdes berprestasi, Pos UKK Kreatif dan Inovatif, Desa Sehat, Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (Kovablik), Inovasi Puskesmas, Puskesmas Bersih, dan Kelompok Budaya Kerja. Antusiasme peserta tinggi. Terbukti dengan sejumlah persiapan yang mulai dilakukan jauh hari sebelum peringatan HKN digelar. ‘’Kami harapkan bukan hanya untuk mengejar predikat juara. Tapi juga membiasakan hidup bersih dan sehat,’’ ucapnya. (bel/c1/odi/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close