Magetan

Tebing Randugede Longsor, Tutup Jalan Penghubung Dua Desa

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Tebing setinggi 12 meter di Desa Randugede, Kecamatan Plaosan, longsor sekitar pukul 08.00 Rabu (5/2). Meski tak menjatuhkan korban jiwa, guguran material tebing itu melumpuhkan jalan di bawahnya.

Lamikun menuturkan, akses jalan yang menghubungkan Desa Plangkrongan, Kecamatan Plaosan, itu tertutup 100 persen. Untuk sementara, akses jalan penghubung dua desa itu dialihkan ke jalan dusun. Jalan alternatif itu berjarak sekitar 200 meter dari wisata Randugede. ‘’Tapi, itu bukan termasuk jalurnya jip pariwisata,’’ jelas perangkat Randugede itu.

Lamikun memastikan, pengalihan arus jalan tak mengganggu aktivitas wisata mobil off-road di desanya. Pun, aktivitas warga normal seperti biasa. Namun, potensi longsor susulan masih mengancam. Pasalnya, bebatuan padas di tebing kemasukan akar pohon besar sehingga mudah retak. Di musim hujan ini, retakannya rentan kemasukan air. Menjadikannya sebagai tanah jenuh yang rawan longsor. ‘’Material longsoran mulai dibersihkan,’’ ujarnya.

Kontur tebing berupa tumpukan bebatuan padas. Yang di atasnya banyak tumbuh pohon besar dengan akar menjalar sampai celah ke bebatuan. ‘’Sekalinya akar terputus, pasti longsor,’’ ucapnya.

Kemarin Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Magetan mengerahkan satu unit ekskavator. Alat berat yang diangkut dump truck itu dioperasikan di tempat parkiran wisata desa setempat. ”Kebetulan lahan parkir wisata itu masih berupa tanah uruk, jadi materialnya bisa langsung ditambahkan ke sana,’’ jelasnya. (fat/c1/fin)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close