Tatap Muka Lebih Penting Daripada Mejeng di Baliho

83

SEBERAPA pentingkah promosi bagi para calon legislatif (caleg)? Sejatinya, promosi diperlukan sebagai sarana untuk mengenalkan diri kepada para calon pemilih. Ketika pemilih hanya disodori wajah dan nomor di baliho tepi-tepi jalan, efeknya diyakini tak akan begitu besar. ‘’Lha wong ketemu saja tidak pernah, kok minta dipilih? Ini tentu tidak benar,’’ kata Mudji Rahardjo, pengamat politik lokal Kota Madiun.

Akademisi Universitas Merdeka Madiun itu mengungkapkan penting bagi para caleg untuk mengenalkan diri mereka dalam sebuah kontestasi politik. Cara paling ideal adalah bertatap muka langsung dengan masyarakat. Sehingga, masyarakat dapat lebih mengenal dan menilai langsung si caleg lewat komunikasi. Cara lain adalah melalui media massa. Kendati diakui Mudji, cara itu dibatasi aturan main. ‘’Kuncinya tinggal bagaimana tim si caleg. Kalau sampai tidak menggunakan berbagai sarana itu untuk memperkenalkan diri, ya susah,’’ terangnya.

Baik caleg DPRD kabupaten/kota, provinsi, maupun DPR RI, sama-sama butuh ruang untuk memperkenalkan diri mereka secara laik. Dan setiap ruang punya ‘’harga’’ tersendiri. Bertatap muka langsung misalnya. Perlu ongkos serta konsumsi untuk masyarakat. Semakin sering, semakin banyak pula ongkos dikeluarkan. Begitu pula dengan ‘’mejeng’’ di baliho-baliho tepi jalan. Meski diakui Mudji, tidak begitu efektif. ‘’Apa iya pengguna jalan memperhatikan seksama baliho caleg di tepi jalan?’’ tanyanya.

Lanjut Mudji, promosi lebih dibutuhkan para caleg penantang baru daripada caleg petahana. Perjuangan mereka yang telah memiliki basis suara diyakini tidak terlalu berat dibanding saat merintis pertama kali. Namun jika caleg petahana tidak merawat konstituennya, habislah dukungan kepada mereka. Minimal, kata Mudji, kembali turun dan berdialog dengan masyarakat, lalu menangkap keluh kesah mereka. ‘’Kalau itu tidak dilakukan ya wassalam, harus merintis lagi mungkin seperti caleg-caleg baru,’’ kata dia. (naz/sat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here