Target Pendataan PIS-PK Selesai 2019

38
REVIEW: Seksi Pelayanan Kesehatan Primer Dinkes Provinsi Jatim drg Agus Salim saat menyampaikan materi kepada perwakilan puskesmas yang ada di Magetan.

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Program Indonesia Sehat-Pendekatan Keluarga (PIS-PK) Magetan di-review, Jumat (30/8) lalu. Dengan harapan, tahun 2019 semua warga sudah dilakukan pendataan secara menyeluruh.

Petugas puskesmas akan mendatangi keluarga atau masyarakat dengan membawa Prokesga dan Pinkesga dengan 12 indikator. ‘’Program ini dilakukan mulai dari tingkat pusat, provinsi dan sampai tingkat kabupaten sejak 2017 lalu,’’ terang Kasi Promkes dan Pemberdayaan Masyarakat Dinkes Magetan Toto Aprijanto.

Adapun 12 indikator tersebut di antaranya, keluarga mengikuti program KB, ibu melakukan persalinan di fasilitas kesehatan, bayi mendapat ASI esklusif, bayi mendapat imunisasi serta balita mendapat pemantauan pertumbuhan. Kemudian, penderita TB paru mendapat pengobatan sesuai standart dan penderita hipertensi berobat teratur.

Selain itu, penderita ganguan jiwa mendapat pengobatan dan tidak ditelantarkan, anggota keluarga tidak ada yang merokok, keluarga sudah menjadi anggota jaminan kesehatan nasional, keluarga memiliki akses air bersih, dan keluarga mengunakan jamban sehat. ’’Review ini sebagai upaya untuk mengetahui perkembangan kunjungan PIS-PK beserta kendala-kendala yang dihadapi sehingga bersama-sama mencari solusi terbaik untuk mengatasi hal tersebut,’’ ujarnya.

Sesuai arahan dari pusat bahwa PIS-PK ini adalah program bersama untuk mewujudkan masyarakat Magetan yang sehat. Sampai dengan saat ini pendataan manual sudah mencapai 97 persen. Sedangkan, yang sudah masuk website mencapai 73 persen.

Jika dilihat hasil dari dinkes provinsi, Magetan sudah cukup bagus yakni masuk 10 besar untuk Indeks Keluarga Sehat (IKS). ‘’Meskipun masuk pringkat 10 besar untuk IKS-nya, kami tetap berusaha untuk meningkatkan,’’ ungkapnya. (ebo/bel/her/adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here