Target 18 Kursi Demokrat Hanya Terpenuhi 14 Kursi

124

PACITAN – Lebih dari 10 anggota DPRD Pacitan gagal mempertahankan dan meraih kursi untuk periode 2019-2024. Para petahana yang kembali nyaleg dalam Pemilu 2019 ini ditumbangkan lawan-lawannya. ‘’Ada sebelas incumbent yang tidak lagi jadi anggota dewan Pacitan,’’ kata Sutikno, salah seorang pengamat politik lokal Pacitan, kemarin (2/5).

Perinciannya, tiga petahana dari Partai Demokrat dan dua dari PAN. Selebihnya, masing-masing satu orang dari Partai Golkar, PDIP, Hanura, Nasdem, Gerindra dan PKS. Khusus caleg PDIP dan Hanura lantaran gagal meraih kursi legislatif DPRD Provinsi Jatim.

Bahkan, caleg PDIP yang gagal adalah wakil ketua DPRD Pacitan saat ini Mardiyanto. Pria yang juga Ketua DPC PDIP Pacitan itu gagal bersaing memperebutkan kursi DPRD Provinsi Dapil 9 Jatim. Sementara caleg Hanura Nur Sigit Efendi bernasib sama dengan Mardiyanto. Bahkan, anggota DPRD Pacitan dari dapil 4 Arjosari-Tegalombo itu gagal melalui seleksi administrasi.  ‘’Selain dua itu, lainnya kalau suara dengan caleg baru,’’ tambahnya.

Petahana yang gagal mempertahankan kursinya antara lain Joko Susilo Hadi, Sutarno, Joko Priyono (Partai Demokrat). Suwandi dan Ririn Sulistyorini (PAN). Nining Dyah Purwanita (Nasdem). Selengkapnya lihat grafis.

Petahana Demokrat sejawatnya. Sbab, perolehan kursi Demokrat sama dengan Pemilu 2014 lalu. Di antaranya Arif Setia Budi, Gimat dan Tumadi. ‘’Kalau Demokrat hanya ganti kader. Karena akumulatif perolahan kursi masih sama,’’ tegas Sekretaris DPC Partai Demokrat Pacitan Ronny Wahyono.

Karena itu Ronny minta kader yang belum berhasil legawa. Sementara kader baru diminta melanjutkan perjuangan partai dan tugasnya sebagai wakil rakyat. Pesan tersebut juga berlaku bagi caleg dari partai lainnya. Sebab, mereka bakal sama-sama jadi penghuni gedung DPRD Pacitan. ‘’Semoga bisa jadi jembatan aspirasi masyarakat dari dapilnya masing-masing,’’ harapnya.

Partai Demokrat gagal memenuhi target perolehan kursi pada Pileg 2019 ini. Dari 18 kursi, partai yang dipimpin Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu hanya meraih 14 kursi. Sama dengan perolehan Pileg 2014 lalu. Padahal, tambahan lima kursi DPRD membuka kesempatan itu. Ternyata justru diambil PKB. Lima calegnya masuk jajaran calon peraih kursi DPRD Pacitan 2019-2024. Padahal pada pemilu sebelumnya partai tersebut nol kursi. (odi/sat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here