Tak Terawat, Pustu Sarangan Memprihatinkan

98
TAK TERAWAT: Bangunan Pustu Sarangan atapnya jebol dan lantai dua tidak difungsikan.

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Kondisi Puskesmas Pembantu (Pustu) Sarangan memprihatinkan. Meski berada di lokasi wisata, bangunannya merana. Selain atapnya jebol, cat pada tembok di berbagai bagian bangunan sudah tampak memudar. Sementara, ruangan di lantai dua banyak yang tidak difungsikan.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Magetan Furiana Kartini mengatakan, beberapa tahun lalu sudah ada rencana menambah ruang perawatan di lantai dua pustu tersebut. ‘’Tapi, kondisinya ternyata seperti itu,‘’ keluhnya Senin (16/9).

Dia menuturkan, bangunan pustu yang dekat Telaga Sarangan sejatinya berpotensi digunakan dengan maksimal. Sebab, selain meng-cover para wisatawan, layanan kesehatan terdekat jaraknya mencapai 10 kilometer, yakni Puskesmas Plaosan. ‘’Terlalu jauh kalau ke Plaosan,’’ katanya sembari menyebut tenaga medis di Pustu Sarangan telah mencukupi.

Furiana tidak menampik kemungkinan bangunan pustu direhab total. Opsi lain adalah dipindah lantaran lokasi saat ini rawan hempasan angin. ‘’Kalau dalam waktu dekat ini pasti direhab, penunjukan langsung,’’ ujarnya.

Dia menambahkan, biaya perbaikan kerusakan ringan Pustu Sarangan selama ini di-cover Puskesmas Plaosan. ‘’Tapi, kalau kerusakannya cukup parah dianggarkan pemkab,’’ jelasnya. (fat/c1/isd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here