Pacitan

Tak Pakai Masker, Siap-Siap Kena Sanksi

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Sanksi sosial mulai diberlakukan pemkab bagi mereka yang melanggar protokol kesehatan. Ketentuan itu diatur dalam Perbup 56/2020. Misalnya ada warga yang tidak memakai masker saat beraktivitas di luar rumah, dikenai sanksi berupa membersihkan sarana fasilitas umum, menyanyi, atau menghafal teks Pancasila.

Sementara jika ada pedagang yang tidak mengenakan masker bakal diberikan sanksi peringatan tertulis, membuat surat pernyataan, hingga penutupan sementara lokasi usaha. ‘’Ini salah satu bentuk upaya kita dalam melakukan pencegahan,’’ kata Bupati Pacitan Indartato Rabu (8/7).

Dalam perbup tersebut juga diatur mengenai larangan masyarakat mengadakan kegiatan yang sifatnya mengundang kerumunan hingga lebih dari 10 orang. Seperti kenduri maupun hajatan pernikahan. Petugas akan membubarkan langsung kegiatan tersebut. ‘’Adanya sanksi supaya kita semua sadar (disiplin protokol kesehatan). Walaupun menurut saya itu sulit,’’ ujar kepala daerah dua periode tersebut.

Meski demikian, Indartato menyebut ketentuan dalam perbup tersebut tidak berlaku selamanya. Regulasi itu bakal dicabut apabila kurva kasus Covid-19 menunjukkan tren penurunan dan Pacitan berstatus sebagai daerah zona hijau. ‘’Karena kalau (zona) merah terpengaruh semuanya, termasuk ekonomi akan berdampak,’’ terangnya. (gen/c1/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
close