Mejayan

Tak Mau Dirawat di RS, SA Tularkan Covid-19

100 Kasus Positif

MEJAYAN, Jawa Pos Radar Caruban – Kasus kematian pasien keenam Covid-19 Kabupaten Madiun menjadi transmisi lokal. Empat anggota keluarga SA, 69, warga Kelurahan Nglames, Kecamatan/Kabupaten Madiun, yang meninggal, itu ikut tertular korona. Tambahan tersebut membuat kumulatif kasus positif korona di kabupaten ini genap 100. ‘’Yang positif itu istri, anak, menantu, dan cucunya,’’ kata Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setdakab Madiun Mashudi Minggu (20/9).

SA meninggal Rabu lalu (9/9) di rumahnya sendiri dengan status probable. Hasil uji swab yang diambil 7 September keluar empat hari berselang atau 11 September. Pasien laki-laki itu menolak dirawat di RSUD Dolopo. Mengancam melarikan diri jika tetap isolasi. Pihak keluarga, rumah sakit, dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) menyepakati SA dirawat di rumah dengan pantauan medis.

Mashudi menyebut, empat pasien itu YT, 56 (istri); SW, 41 (anak perempuan); AS, 42, (menantu laki-laki); dan FAS, 16 (cucu laki-laki). Mereka diduga tertular saat SA menjalani isolasi mandiri. Kontak fisik tidak dapat dihindarkan. ‘’Empat anggota keluarga yang positif itu menjalani isolasi mandiri karena tidak menunjukkan gejala klinis,’’ paparnya.

Sementara, kurva persebaran Covid-19 di Kabupaten Madiun masih belum berhenti bergerak. Meski jumlahnya masih yang terendah se-Jawa Timur per kemarin. Menepikan kumulatif 100 kasus, Mashudi menyebut pihaknya telah berupaya menekan grafik penularan korona. Mulai sosialisasi, pelacakan penyandang kontak erat, hingga penegakan pelanggar protokol kesehatan. ”Tapi, karena beragamnya karakter masyarakat terkait kedisiplinan protokol kesehatan, jadi belum begitu maksimal,” ujarnya.

Hingga kini masih ada 13 pasien positif. Delapan dirawat di rumah sakit dan lima isolasi mandiri. ‘’Yang sudah sembuh 80 orang dan meninggal tujuh orang,’’ pungkas Mashudi. (den/c1/cor)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

?php /** * The template for displaying the footer * */ defined( 'ABSPATH' ) || exit; // Exit if accessed directly do_action( 'TieLabs/after_main_content' ); TIELABS_HELPER::get_template_part( 'templates/footer' ); ?>
Close
               
         
close