Tak Berizin, Bangunan di Kawasan Jembatan Maospati Terancam Dibongkar

132

MAGETAN – Bangunan liar (bangli) di kawasan jembatan Maospati siap-siap saja dibongkar. Pasalnya, keberadaan bangunan yang akan dibuat kompleks perumahan permanen itu belum mengantongi izin. ’’Kami sudah cek ke tempat bangunan liar, ada 15 unit,’’ kata Kasi Opsdal Satpol PP Magetan Khamim Basori.

Dia mengaku telah mengetahui keberadaan bangunan liar tersebut dari laporan berbagai sumber yang didapatkan anggota di lapangan. Dijelaskan, pada saat acara penertiban PKL di kawasan Takeran, beberapa pihak menyampaikan bahwa bangunan liar yang ada di aliran sungai adalah kewenangan satpol PP. ’’Sudah berjalan 80 persen, tapi tidak berizin, dan melanggar peraturan,’’ ujarnya.

Sementara itu, pihaknya berjanji secepatnya menertibkan bangli itu. Namun, akan dilakukan koordinasi terlebih dahulu dengan pemilik kawasan, yakni dinas pekerjaan umum pengairan setempat. Sehingga untuk menertibkan, ada beberapa langkah yang akan diambil satuannya. Di antaranya, dilakukan sosialisasi kepada pemilik bangunan liar bahwa akan dilakukan penertiban karena keberadaannya melanggar aturan. ’’Kan ada tahapan-tahapannya, baru diberikan surat peringatan tiga kali. Kemudian ditertibkan,’’  paparnya.

Kendati demikian, jika dalam proses penertibannya sampai dengan peringatan terakhir pihak pengelola tidak digubris, maka dilakukan pembongkaran paksa. Sebab, kondisi bangunan itu menyalahi peraturan yang ada dan tidak berizin. Sehingga dalam proses pembongkaran nantinya akan melibatkan jajaran kepolisian serta TNI. (mgc/c1/ota)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here