Tahun Ini SPNF-SKB Pacitan Gelar UNBK Mandiri

34

PACITAN – Satuan Pendidikan Nonformal Sanggar Kegiatan Belajar (SKNF-SKB) Pacitan kembali menggelar ujian nasional berbasis komputer (UNBK). Bahkan tahun ini sudah mandiri. UNBK dilaksanakan  di ruang laboratorium komputer gedung SKB Pacitan Jalan Candi Roro Jonggrang, Sidoharjo, Sabtu (13/4). ‘’Alhamdulillah sudah bisa UNBK mandiri. Semua berkat pemerintah daerah dan pemerintah pusat yang memberi fasilitas. Jadi tidak nunut lembaga lain,’’ tutur Ketua SPNF-SKB Pacitan Ririh Enggar Murwati kemarin (14/4).

UNBK kejar paket C tersebut diikuti 41 peserta. Terdiri dari remaja yang tidak mengenyam pendidikan di sekolah formal atau putus sekolah dan warga lain yang belum memiliki ijazah setara SMA. Pun ujian tidak berbeda dengan sekolah formal. Selain berbasis komputer, juga diawasi ketat. Ujian digelar tertutup, disiplin dan rahasia. Pengawas dilarang masuk ruang ujian. ‘’Pengawasan kami silang. Pengawas UNBK dari PKBM (pusat kegiatan belajar masyarakat) sedangkan proktor dan teknisi SKB,’’ bebernya.

Menurut dia, UNBK untuk menguji dan mengevaluasi hasil pembelajaran yang selama tiga tahun terakhir. Hasilnya sebagai bahan pemetaan mutu pembelajaran. ‘’Hasil pemetaan mutu jadi modal untuk pengembangan mutu pembelajaran di SKB Pacitan ke depan,’’ jelasnya.

Enggar menambahkan UNBK digelar selama empat hari hingga Selasa (16/4) mulai pukul 07.30 sampai 12.00 setiap hari. Sedangkan 41 peserta tersebut dibagi dalam dua ruangan terpisah. ‘’Masing-masing 21 dan 20 peserta,’’ imbuhnya.

SPNF-SKB Pacitan merupakan salah satu lembaga pendidikan nonformal yang mampu mendorong masyarakat menuntut ilmu dan keterampilan. Tujuannya, membuka peluang kerja atau menciptakan lapangan kerja mandiri. Itu dibuktikan dengan tingginya jumlah warga belajar di SPNF-SKB Pacitan. Saat ini mencapai 161 orang. Terdiri dari enam warga belajar paket A (setara SD), 33 warga belajar paket B (setara SMP) dan 122 warga belajar paket C (setara SMA). (t17/odi/sat/adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here