Madiun

Tahun Baru, Bus Sekolah Baru

Tampung 20 Pelajar, Daftar Antre Tersisa 300

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Angin segar bagi pelajar di Kota Madiun yang belum merasakan diantar-jemput bus sekolah. Satu minibus sekolah gratis tambahan bakal dioperasionalkan per Januari 2020 mendatang. Minibus yang merupakan bantuan dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI itu telah datang Senin lalu (9/12).

Minibus pabrikan Hino SDBL dengan nopol B 2629 YAU itu dapat menampung sedikitnya 20 pelajar. Melengkapi tiga bus sekolah kelas medium dan 20 angkutan sekolah gratis yang beroperasi tiap hari. Pun mengurangi jumlah pelajar yang saat ini belum terakomodasi fasilitas gratis dari pemerintah kota (pemkot) setempat. ‘’Rencana operasional tahun depan,’’ kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Madiun Ansar Rasidi.

Meski angkutan sekolah gratis bertambah, masih ada sekitar 300 pelajar yang masuk dalam daftar antrean. Angkutan yang ada hanya dapat menjangkau separo dari total pelajar kota setempat yang mencapai 750-an pelajar. ‘’Paling tidak, bantuan minibus ini dapat membantu,’’ ujarnya.

Ansar menjelaskan, bantuan tersebut merupakan realisasi setelah dua kali usulan ditolak. Yakni, pada 2017 dan awal 2019 lalu. Bahkan, pihaknya bersama DPRD Kota Madiun harus konsultasi. ‘’Hasil dari konsultasi ke Kemenhub kami tindak lanjuti, kemudian kami lengkapi usulan. Alhamdulillah terealisasi,’’ ucapnya.

Terkait trayek minibus yang dioperasikan awal tahun depan, masih tahap pembahasan. Diarahkan, trayek yang selama ini tidak dapat dijangkau bus sekolah kelas medium. ‘’Kemungkinan ke arah Kelun,’’ sebutnya.

Bus baru itu, lanjut Ansar, juga masih pengurusan STNK dan persiapan uji kir. Setelah dua tahap proses itu dilalui, barulah dioperasikan. Namun, data pelajar yang bakal diangkut telah dikantongi. ‘’Pendataannya sudah ada di kami karena sistemnya antrean,’’ tuturnya.

Terkait pelajar yang belum terakomodasi, pihaknya memastikan tahun depan seluruh pelajar dapat merasakan fasilitas angkutan gratis itu. Usulan tiga bus kelas medium terealisasikan tahun mendatang. ‘’Pemkot sudah komitmen menambah bus baru. Sekitar tiga bus tambahan direalisasikan tahun mendatang,’’ tegasnya.

Pihaknya juga menginventarisasi 13 angkutan umum yang bakal disulap menjadi tambahan angkutan sekolah gratis. Angkutan tersebut perlu disiapkan dan dibenahi agar memenuhi syarat. ‘’Kondisi belum siap dan harus dibenahi. Tahun depan mungkin sudah beroperasi bersamaan tiga bus tambahan,’’ ucapnya. (kid/c1/fin)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
               
         
close