Tahap Pertama Waduk Bendo Memasuki Finishing

393
MEGAPROYEK NASIONAL: Pekerjaan tahap pertama Waduk Bendo sudah memasuki finishing.

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Sisa waktu pembangunan Waduk Bendo tinggal 70 hari. Sebanyak 233 pekerja berpacu menuntaskan pekerjaan tahap pertama megaproyek pengairan di Dusun Bendo, Desa Nginden, Kecamatan Sawoo, itu.

Kepala Proyek Pembangunan Waduk Bendo Sartono mengatakan bahwa segala upaya telah dilakukan. Demi mengejar penuntasan pekerjaan tahap pertama. Dari ratusan pekerja yang separonya warga setempat itu bekerja dalam tiga sif. Mulai pukul 08.00 hingga 17.00. Tak jarang lembur hingga malam. ‘’Kami rekrut warga sesuai keahliannya,’’ ujarnya.

Sartono memastikan tak ada kendala teknis dalam penuntasan megaproyek pengairan. Selain menjalankan tiga sif, beberapa pekerja juga lembur hingga malam. Saat ini, juga merapikan material di kompleks fasilitas umum. Di antaranya, musala, kantor waduk, kantor dinas konsultan dan PU, serta outlet. ‘’Tahap pertama sudah tercapai 90 persen,’’ sebutnya.

Dalam kunjungannya 4 Januari 2019 lalu, Presiden Joko Widodo mengharapkan tak ada jeda dalam pembangunan megaproyek pengairan ini. Namun, menilik anggaran yang ada, kelanjutan tahap dua dimungkinkan tertunda. Sesuai masterplan, pekerjaan lanjutan fokus meninggikan waduk hingga 71 meter. ‘’(Tahap II) Idealnya September. Sekarang masih menunggu lelang dimulai lagi. Mungkin November,’’ terangnya. (dil/c1/fin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here