Tahan Lapor Balik, JHO Tunggu Bawaslu

86

PACITAN – Rencana JHO melaporkan balik Heri Bahtiar lantaran dituding menistakan calon presiden (capres) nomor urut 02 jalan di tempat. Salah seorang calon legislatif (caleg) memastikan kondisi tersebut bukan lantaran laporan Pembela Aspirasi Indonesia Menang Prabowo Sandi (Panen Padi) ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menguap. ‘’Saya menunggu keputusan resmi dari Bawaslu,’’ kata JHO kemarin (21/3).

Laporan dugaan pencemaran nama baik itu bakal dilakukan jika Bawaslu sudah memberikan penyataan atau surat resmi terkait laporan yang melibatkan dirinya tersebut. Hingga kini JHO merasa ’’digantung’’ Bawaslu. Menurut dia, rencana laporan tersebut sudah melalui hasil koordinasi dengan berbagai pihak. Baik tim kampanye nasional capres nomor urut 01 maupun Relawan Pro Jokowi (Projo). ‘’Belum ada kepastian. Saat ini nggantung,’’ ujarnya.

Terpisah, Ketua Bawaslu Pacitan Berty Stevanus  mengatakan belum memberi surat resmi terkait laporan Panen Padi yang digawangi Heri Bahtiar lantaran masih mentah. Dia menyebut laporan dugaan penistaan capres nomor urut 02 itu belum lengkap syarat formil dan meteriil. Salah satunya waktu penyebaran informasi yang dianggap menista itu. Untuk itu, pihaknya belum memintai keterangan kedua belah pihak. ‘’Laporannya belum lengkap,’’ tuturnya.

Dia menambahkan, laporan dugaan penistaan tersebut kedaluwarsa. Pasalnya, permintaan untuk melengkapi syarat melewati batas waktu yang ditentukan. Namun, Berty menegaskan tidak menolak laporan tersebut. Heri Bahtiar dan Panen Padi bisa melakukan laporan ulang dengan persyaratan lebih lengkap. ‘’Kalau mau, bisa melapor kembali. Beda kalau sudah diputus,’’ bebernya.

Dari dua laporan Heri Bahtiar, hanya satu yang dilayani. Alasannya, hanya laporan dugaan penistaan capres yang jadi ranah pengawasan dan penegakan hukumnya. Sementara, untuk laporan yang mencatut admin WhatsApp Group (WAG) sebagai lokasi penyebaran banner digital yang diduga menistakan capres nomor urut 02 diabaikan lantaran ranahnya kepolisian. (odi/c1/sat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here