Tabrak Mobil saat Antar Kotak Suara, Seorang PTPS Dirujuk ke UGD

39

PACITAN – Pejuang demokrasi di Pacitan bertambah. Bukan hanya dari komisi pemilihan umum (KPU). Dari badan pengawas pemilu (bawaslu) pun ada. Tumirin, Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) 10 Desa/Kecamatan Bandar kecelakaan saat bertugas. ‘’Tepatnya 18 April lalu saat mengawal kotak suara dari TPS ke PPS,’’ kata Ketua Bawaslu Pacitan Berty Stevanus kemarin (25/4).

Informasinya, sepeda motor yang dikendarai Tumirin menabrak mobil dari arah berlawanan lantaran menghindari mobil lain yang sedang parkir. Akibatnya, jari kakinya patah. Pun pendarahan di bagian kepala. Tumiran sempat dilarikan ke Puskemas Bandar dan dirujuk ke RSUD dr Darsono Pacitan. ‘’Sempat rawat inap satu atau dua hari,’’ ujarnya.

Berty belum sempat membesuk lantarany padatnya kegiatan pemilu. Hanya pihaknya rajin berkoordinasi dengan panwascam terkait perkembangan kondisi Tumirin. Saat ini yang bersangkutan masih dalam masa pemulihan. ‘’Sudah sehat. Cuma belum bisa beraktivitas,’’ tuturnya.

Dia menduga kecelakaan terjadi lantaran Tumirin kelelahan dan mengantuk. Kondisi fisik yang drop membuat konsentrasinya turun. Bersamaan permintaan pendataan dari Bawaslu RI bagi pejuang demokrasi, Tumirin satu-satunya yang diajukan Bawaslu Pacitan. ‘’Sebenarnya yang lain juga ada. Panwascam dan PTPS yang drop. Namun, cuma kelelahan dan tidak sampai masuk rumah sakit,’’ jelasnya.

Berty bakal segera melaporkan kondisi Tumirin ke Bawaslu RI melalui Bawaslu Provinsi Jatim. Untuk langkah selanjutnya, pihaknya menunggu keputusan kementerian terkait rencana pemberian santunan. Pengajuan santuan Rp 16 juta hingga Rp 36 juta. Tergantung kondisi. Pun ada rencana tambahan dari Pemprov Jatim Rp 5 juta. ‘’Nanti sumbernya dari APBD Provinsi Jatim,’’ imbuhnya.

Sebelumnya, pesta demokrasi lima tahunan 17 April lalu menyisakan nestapa bagi Eka Setyowati. Eka keguguran akibat setelah bertugas di TPS 01 Desa Ketro, Tulakan. Selain itu, puluhan lainnya sakit. Dari data yang dihimpun KPU Pacitan total 38 orang. (odi/sat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here