Pacitan

Suyatno Kolekdol Motor Klasik Orisinal Asal Pacitan

Motor klasik masih punya daya tarik. Kendati bodi dan mesin jadul, Suyatno mengoleksinya hingga 17 unit. Selain dipakai sendiri, beberapa dilepas kalau harganya oke.

=======================

DENI KURNIAWAN, Pacitan, Jawa Pos Radar Pacitan

SEMBILAN motor klasik parkir rapi di Jalan dr Soetomo Pacitan. Tidak sedikit pengguna jalan yang melintas tebar lirik ke arah deretan motor Honda C70, S90, CG, dan Yamaha L2G tersebut. ‘’Sengaja saya pajang karena jadi kepuasan tersendiri saat ada yang memotret atau selfie,’’ kata Suyatno, pemilik motor klasik tersebut.

Suyatno mengangkat bahu kala ditanya dijual tidaknya motor yang dikoleksi sejak tahun lalu itu. Bimbang antara hobi dengan tawaran pembeli. Akhirnya kuda besi tersebut bakal dilepas bila harganya dirasa cocok. ‘’Niat awal dulu memang untuk sendiri,’’ ujar warga Kelurahan Pacitan ini.

Suyatno kali pertama membeli Honda C70 pada 2018. Kendaraan hasil modifikasi dari Astrea Star itu dipakai aktivitas sehari-hari. Dari situ rasa penasarannya tentang motor klasik muncul. Terutama memiliki motor yang orisinal. Sebuah motor Honda C70 seharga Rp 2 juta pun ditebus. Meski mesin dari motor lain, kerangkanya asli bawaan pabrik. Perburuan mesin orisinal pun terus dilakukan. ‘’Dapatnya dari tempat rosok,’’ tuturnya.

Suami Novi Farida itu lantas mengutak-atik sendiri motornya. Terutama memoles bodi agar semakin kinclong dengan pengecatan. Sedangkan urusan mesin minta bantuan montir kenalannya. ‘’Kalau aksesori seperti karet tangki, cari online,’’ sebutnya.

Meski sudah mengendarai C70 orisinal, Suyatno masih ingin terus menambah koleksinya. Bahkan rela menjual Yamaha Mio milik istrinya. Hingga kini, empat motor klasik koleksinya sudah terjual. ‘’Sebelum Lebaran lalu ada yang beli Rp 10 juta,’’ ungkap bapak satu anak itu.

Suyatno memiliki sembilan motor klasik. Satu unit di antaranya sedang dipoles. ‘’Saya mengorisinalkan. Penggarapan sebulan bisa selesai dua motor kalau pernak-perniknya (onderdil, Red) komplet,’’ katanya. ***(cor/c1)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
               
         
close