NgawiPolitik

Susul Ony Daftar Bacabup NasDem, Jumirin Tak Gentar Bentuk Koalisi

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Upaya Ony Anwar Harsono memperoleh rekomendasi bakal calon bupati (bacabup) dari NasDem mendapatkan saingan dari Jumirin. Mantan kepala desa (kades) Klitik, Geneng, itu ikut mendaftarkan diri pada penjaringan yang dilakukan partai pimpinan Surya Paloh tersebut. ‘’Niat saya untuk mencalonkan bupati sudah bulat,’’ kata Jumirin usai penyerahan berkas pendaftaran di kantor DPD Partai NasDem Ngawi Rabu (16/10).

Jumirin mengatakan, langkahnya mendaftarkan diri sebagai kandidat cabup Partai NasDem itu membuktikan keseriusannya maju pilkada tahun depan. Dia ingin niatnya tersebut tidak hanya mendapat support masyarakat, tapi juga berharap ada dukungan politik dari partai-partai di Ngawi. ‘’Tekad saya juga ingin mendaftar melalui parpol,’’ imbuhnya.

Sepengetahuan Jumirin, hingga saat ini masih banyak parpol yang belum menentukan arah dukungannya di Pilkada 2020. Hanya PDIP dan Hanura yang sudah fix bergandengan mengusung pasangan bacabup dan bacawabup. ‘’Karena itu, kalau ada parpol yang buka penjaringan secara umum saya pasti mendaftar,’’ ujarnya.

Jumirin mengaku memasang target meraup 30 persen dukungan kursi dari DPRD Ngawi. Meski itu bukan hal mustahil, namun tidak akan mudah direalisasikan. Sebab, selain dirinya, juga ada kandidat lain yang berusaha menggandeng semua parpol.

Meski begitu, Jumirin optimistis. Dia meyakini tetap memiliki kans dipilih parpol sebagai kandidat cabup. Namun, saat ditanya harus berhadapan dengan Ony, dia enggan banyak berkomentar. ‘’Yang penting berusaha untuk memperbaiki diri saja,’’ ucapnya.

Jumirin juga mengaku tidak gentar keharusan membentuk koalisi sebelum memastikan diri maju sebagai kandidat bupati. Syaratnya harus mampu mengumpulkan dukungan minimal 20 persen kursi DPRD. ‘’Saya siap (membentuk koalisi). Komunikasi dengan partai lain sejauh ini juga berjalan baik,’’ ungkap Jumirin.

Bagaimana dengan sosok bacawabup yang bakal digandeng? Jumirin mengaku sudah punya pilihan. Ada lima figur yang masuk bidikannya. Namun, dia belum mau menyebutkan nama. ‘’Kalau pendaftaran ini kan tidak harus bersama pasangan, yang penting daftar dulu (sebagai bacabup),’’ tuturnya.

Ketua DPD Partai NasDem Ngawi Hari Cahyono mengakui langkah Jumirin mendaftar bacabup di partainya menambah ketat persaingan mendapatkan rekomendasi dari DPP. Meski begitu, dia memastikan semua proses akan dilaksanakan secara fair sesuai mekanisme di parpolnya. ‘’Yang pasti, rekomendasi akan diberikan kepada kandidat terbaik,’’ tegasnya.

Soal upaya membentuk koalisi baru jika kelak rekomendasi turun kepada kandidat perseorangan, Hari menyebut hal itu menjadi konsekuensi calon yang bersangkutan. Selain itu, bergantung hasil penjaringan. ‘’Tunggu rekomendasi dulu, baru nanti kami tentukan soal itu (poros koalisi baru, Red),’’ katanya. (tif/c1/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
close
PENGUMUMAN
Close