Susah Payah Warga Klepu Naik-Turun Cari Air di Gua Kali Luweng

221
SUSAH PAYAH: Seorang warga Desa Klepu, Donorejo, Pacitan, menuruni anak tangga untuk mencari air di dasar gua Kali Luweng Rabu (10/7).

PACITAN – Sejumlah warga Desa Klepu, Donorojo, Pacitan, kelimpungan akibat macetnya suplai air bersih PDAM. Mereka harus bersusah-payah mencari sumber air di gua Kali Luweng untuk keperluan sehari-hari. Kembali ke masa 10 tahun silam tatkala desa itu belum menerima pasokan air bersih dari pemkab. ‘’Sudah sejak dulu, kalau musim kemarau ambil air dari gua,’’ kata Maryani, warga Dusun Sawahan Kulon, desa setempat, Rabu (10/7).

Maryani mengatakan, lokasi gua Kali Luweng cukup jauh. Dia pergi pulang (PP) menempuh jarak sekitar satu kilometer. Nyawa menjadi taruhan. Akses menuju sumber air di kedalaman enam meter itu sangat curam. Harus naik-turun tangga dari cor semen. Pun harus hati-hati lantaran lebar dari 27 anak tangga itu tidak lebih 30 sentimeter. Apalagi, hanya ada satu pegangan pengaman. ‘’Saat naik, tangan kiri menenteng ember dan jeriken berisi air, dan kanan pegangan pengaman,’’ jelasnya.

Sumber air gua yang keluar dari lubang batu karst itu selalu dimanfaatkan warga ketika kemarau. Baik pagi maupun sore, antrean ingin mengambil air kerap mengular. Itu lantaran lubang masuk gua sempit. Selain untuk minum dan memasak, air sumber gua juga untuk mandi dan mencuci. Bahkan, warga percaya air itu bisa langsung diminum tanpa dimasak. ‘”Sumber air tidak pernah habis,’’ ujarnya.

Maryani menyebut, perjalanan jauh dan menantang bahaya itu karena air PDAM tidak selalu menyala. Suplainya mati dalam dua-tiga hari sekali. ‘’Karena geografis desa berada di atas bukit,’’ ucapnya seraya menyebut akses menuju gua tidak bisa dilewati kendaraan roda dua.

Arifin, warga lainnya, menambahkan, terdapat bak penampungan besar di kedalaman 10 meter.  Tidak pernah habisnya sumber air menarik perhatian warga asing untuk datang meneliti. ‘’Beberapa waktu lalu ada bule yang datang,’’ ungkapnya. (gen/c1/cor)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here