Surat Suara Rusak Jadi Abu

18

MAGETAN – KPU Magetan memusnahkan ribuan surat suara rusak dengan cara dibakar, kemarin (17/4). Pemusnahan tersebut untuk mencegah suara suara pemilu disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggungjawab.

Ketua KPU Magetan Poppy Putranto mengatakan pemusnahan surat suara rusak itu baru dapat dilaksanakan beberapa jam sebelum tahapan pencoblosan di TPS dilakukan. Karena sehari sebelumnya pihaknya disibukkan dengan pendistribusian logistik pemilu. ‘’Baru sempat hari ini (kemarin, Red) dimusnahkan,’’ katanya.

Selain itu, lanjut dia, kendala lainnya pada Selasa (16/4) lalu sebagian wilayah Magetan diguyur hujan tanpa henti. Sehingga pemusnahan surat suara rusak dengan cara dibakar urung dilaksanakan. ‘’Total mencapai 3.633 lembar surat suara yang rusak,’’ sebut Poppy.

Kerusakan surat suara itu meliputi sobek, tinta cetak luntur, kotor dan kualitas cetak jelek. Sehingga dianggap tidak dapat dipakai untuk pemungutan suara. ‘’Sudah dipisahkan saat proses penyortiran lalu,’’ ujarnya.

Berdasar catatan KPU Magetan, kerusakan terbanyak terdapat pada surat suara DPRD Magetan dengan jumlah 1.127 lembar. Kendati begitu, penyelenggara pemilu di tingkat daerah itu menyatakan tidak membuat mereka kekurangan logistik. ‘’Tetap tercukupi,’’ jelasnya. (bel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here