Sungai Grindulu Hanyutkan 10 Makam

117

PACITAN – Derasnya aliran Sungai Grindulu mengakibatkan 10 makam di tempat pemakaman umum (TPU) Dusun Duduhan, Mentoro, Pacitan, hanyut dan hilang. Para ahli waris pun khawatir bibir sungai yang tergerus semakin merangsek ke TPU. Sehingga, bakal menambah hilangnya jenazah yang telah terkubur hanyut. Puluhan makam akhirnya dibongkar dan dipindahkan ke TPU lain. ‘’Makam anak saya yang meninggal 1999 lalu kami pindahkan,’’ kata Ningrum, salah seorang warga, kemarin (18/3).

Menurut Ningrum, setidaknya ada 200 makam di TPU tepi Sungai Grindulu tersebut. Selain 10 makam hilang, 56 lainnya telah dipindahkan ahli waris ke sejumlah TPU lain. Proses pemindahan setiap Sabtu dan Minggu dilakukan dengan gotong royong warga. ‘’Makam anak saya dipindah ke Arjowinangun, bareng makam keluarga lain,’’ ujarnya.

Dari 10 makam yang hilang awal Maret lalu, baru satu jenazah yang berhasil ditemukan. Mayat yang masih terbungkus kafan itu terseret arus Sungai Grindulu hingga beberapa kilometer dari lokasi makam. Warga yang menemukan sempat geger. Hasil identifikasi, mayat tersebut merupakan perempuan yang meninggal setahun lalu. ‘’Saat ini sudah dipindah ke makam lain,’’ tuturnya.

Sedangkan sembilan lainnya masih dalam pencarian. Beberapa ahli waris pasrah dengan hanyutnya jenazah sanak keluarga mereka. Namun, sebagian lainnya masih sibuk mencari. Banyak warga menduga mayat-mayat tersebut terkubur di lumpur sungai. Mayat yang tinggal belulang sulit terbawa arus. ‘’Warga tetap berharap ketemu agar bisa dipindahkan,’’ ucapnya.

Bupati Pacitan Indartato sempat mengunjungi proses pembongkaran puluhan makam di TPU tersebut. Dia berjanji menerjunkan tim badan penanggulangan becana daerah (BPBD) untuk menyisir Sungai Grindulu. Dia turut prihatin atas hanyutnya jenazah. Namun, dia tak dapat berbuat banyak dengan kondisi Sungai Grindulu yang terus menggerus TPU tersebut. ‘’Normalisasi Sungai Grindulu ranahnya pemerintah pusat. Kami akan infokan kejadian ini agar sungai segera ditangani,’’ janjinya. (mg6/c1/sat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here