AdvertorialMadiun

Sunday Market Jadi Pasar Tangguh

Disiplin Jalankan Protokol Kesehatan Jadi Kunci Utama

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Keberadaan Sunday Market di Taman Lalu Lintas Bantaran Kali Madiun naik tingkat. Aktivitas ekonomi masyatakat itu ditetapkan sebagai pasar tangguh oleh pemkot bersama dengan Polres Madiun Kota, Minggu (14/6). ”Pasar tangguh ini berperan menaikkan pertumbuhan kembali perekonomian dan memenuhi kebutuhan masyarakat. Namun dalam pelaksanaannya harus tangguh dengan kedisiplinan dalam menjalankan protokol kesehatan,” kata Wali Kota Madiun Maidi.

Dengan ditetapkannya Sunday Market sebagai pasar tangguh, seluruh pedagang dan pembeli diwajibkan mematuhi anjuran pemerintah. Seperti wajib mengenakan masker, jaga jarak, dan cuci tangan. Bahkan, warga yang datang berkunjung ke tempat itu harus melalui bilik sterilisasi lebih dulu serta suhu tubuhnya dilakukan pengecekan dengan alat thermo scanner. ”Walaupun Covid-19 masih mengancam, secara  bertahap kita harus bangkit. Covid-19 harus kita hadapi dengan kedisiplinan. Karena kedisiplinan adalah vaksin itu sendiri,” terang mantan Sekda Kota Madiun tersebut.

Maidi menambahkan bagi pengunjung yang datang dengan berspeda untuk tidak bergerombol. Dia mengingatkan pentingnya akan protokol kesehatan dan mematuhi aturan rambu-rambu lalu lintas ketika sedang di jalan. ”Saya sangat mengapresiasi masyarakat yang berolahraga dengan bersepeda. Namun di masa pandemi seperti ini harus tetap mengutamakan keselamatan. Selamat sehat dengan menjaga dirinya masing-masing dan menghargai orang lain,” tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut, Maidi juga meminta kepada masyarakat untuk tidak melakukan penolakan pemakaman jenazah dengan prosedur Covid-19 maupun pemgambilan paksa jenazah suscpet korona dari rumah sakit. Menurutnya perbuatan itu bisa berujung masalah pidana. Dia meminta masyarakat untuk mempercayakan sepenuhnya proses itu kepada pemerintah. ”Tidak dibenarkan melakukan tindakan sendiri, seperti mengambil jenazah. Serahkan semuanya pada tim kesehatan,” ujarnya.

Terpisah, Kapolres Madiun Kota AKBP R Bobby Aria Prakasa berharap dengan ditetapkannya Sunday Market menjadi pasar tangguh ini bisa menginisiasi kegiatan ekonomi di sejumlah pasar lainnya. “Kewaspadaan dan sikap disiplin masing-masing individu menjadi kunci dalam menghadapi pandemi. Karena mau tidak mau perekonomian harus bangkit secara perlahan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,” ucapnya. (her/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close