Sukses Percantik Watu Rumpuk

467

BERKUTAT dengan dokumen penting menjadi keseharian Nur Cholifah. Perempuan 35 tahun itu memang menjabat sebagai kepala Desa Mendak, Kecamatan Dagangan, Kabupaten Madiun. Terkadang, Ifa –sapaan akrabnya- merasakan penat yang luar biasa. ’’Kalau sudah penat ya istirahat dan bersantai dekat dengan alam,’’ katanya.

Kebetulan Mendak berada di kawasan perbukitan. Desanya dikelilingi hutan dan memiliki pemandangan alam yang indah. Bahkan ada objek wisata baru yang diberi nama Watu Rumpuk sedang booming. Ifa juga sering melakukan pendakian melalui jalur Tapak Bimo.  ’’Ada jalur ke gua Jepang, masih di kawasan Gunung Wilis,’’ jelasnya.

Berkat hobinya yang terbilang dekat dengan alam, dia jadi paham bila sebenarnya jalur itu masih terawat. Untuk pendaki–pendaki yang sudah berpengalaman, itu adalah trek yang biasa. Namun, untuk pemula masih tidak direkomendasikan atau setidaknya tetap butuh pendampingan. Ifa tahu betul kondisi itu, sehingga masih terus menggandeng para pencinta alam untuk ikut mengembangkan jalur pendakian tersebut. ’’Watu Rumpuk sebagai batu loncatan untuk mengenalkan jalur pendakian Tapak Bimo,’’ ungkapnya.

Tak hanya tahu tentang kondisi alam, rupanya cintanya kepada alam turut memberikan manfaat. Terbukti, tatanan bunga yang ada di Watu Rumpuk adalah berkat gagasannya. Bunga yang sarat dengan tatanan khas wanita itu rupanya adalah ide yang dia kembangkan. Dia mengakui tidak terinspirasi dari mana-mana. Dia hanya mencoba memberikan yang terbaik menurutnya saja. ’’Jadi, tidak karena melihat dari mana-mana. Murni saya sendiri yang memikirkan seperti apa penataannya,’’ jelasnya.

Karyanya yang cukup artistik itu rupanya cukup untuk mengundang wisatawan dari berbagai daerah.  Terbukti kini Watu Rumpuk sudah cukup dikenal masyarakat. Usahanya untuk mengembangkan pariwisata di Desa Mendak tak sia-sia. Dia pun senang lantaran hobinya nrutus ke alam juga memberikan pengaruh yang baik bagi pekerjaannya. ’’Sudah sejak lama hobi bertualang, syukur bisa memberikan kontribusi,’’ ucapnya. (mg4/c1/ota)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here