AdvertorialNgawi

Sukses Kanang Lestarikan Budaya-Bahasa Jawa, Terima Anugerah Kebudayaan dari Mendikbud

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Hati Bupati Ngawi Budi ”Kanang” Sulistyono berbunga-bunga. Komitmennya selama ini dalam melestarikan dan mengembangkan budaya serta bahasa Jawa kepada masyarakat Ngawi diganjar penghargaan anugerah kebudayaan oleh Kemendikbud pada Kamis lalu (10/10) di Jakarta.

Kanang dianggap ikut andil membesarkan kebudayaan Indonesia. Sehingga, dia layak mendapatkan anugerah kebudayaan untuk kategori pemerintah daerah yang diberikan langsung oleh Mendikbud Muhadjir Effendy. ‘’Penghargaan ini merupakan konsentrasi kami terhadap budaya. Budaya kebersamaan, budaya melestarikan apa yang sudah ada dan sebagainya,’’ kata Kanang Minggu (13/10).

Kemendikbud menilai program berbahasa Jawa setiap Jumat di lingkup pemkab dan lembaga atau instansi lain yang menjadi kebijakan Kanang tergolong berhasil. Kemendikbud juga beranggapan pemutaran musik gamelan di seluruh kantor organisasi perangkat daerah (OPD) maupun sekretariat daerah yang diterapkan oleh Kanang dinilai sebagai bentuk pelestarian nyata budaya lokal. ‘’Kami juga berikan ruang luas di pendopo untuk sanggar tari,’’ imbuh Kanang.

Selain itu, bentuk upaya penataan situs bersejarah Museum Trinil, Benteng Van Den Bosch, Kepatihan menjadi nilai plus lain yang dipertimbangkan oleh Kemendikbud. ‘’Terlepas dari penghargaan, upaya melestarikan budaya itu sangat penting. Karena tidak ada budaya asli Indonesia atau Jawa itu yang jelek,’’ ujar Kanang.

Dia mengungkapkan, budaya asli masyarakat Indonesia sebenarnya adalah gotong royong. Karena sebelum ada bahasa lisan, gotong royong sudah ada. Dan, menurutnya masyarakat Ngawi sangat menjunjung tinggi sikap gotong royong dalam kehidupan.

Sebaliknya, dengan diraihnya anugerah kebudayaan itu, pemikiran dan tindakan masyarakat Ngawi akan budaya lokal makin kuat. Sekalipun budaya tersebut berupa nyadran. ‘’Semua budaya itu pasti punya makna positif bagi kita, salah satunya mengingatkan kepada leluhur dan sebagainya,’’ ungkapnya. (tif/c1/her/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
               
         
close