Stok Darah Menipis, Golongan A Tiga, B Hanya Lima

17
BANYAK MELOMPONG: Rak di lemari pendingin penyimpanan darah di PMI Kota Madiun banyak yang kosong.

MADIUN – Sinyal kuning datang dari PMI Kota Madiun. Stok darah yang dimiliki menipis. Data terakhir, Jumat (14/6) pukul 12.00, golongan darah A hanya tersisa tiga kantong. Sementara golongan darah O lima kantong. Golongan darah AB dan B cukup banyak, sampai puluhan kantong. ’’Golongan AB 14 dan B 86 kantong,’’ kata Kepala Bagian Pelayanan Teknis UTD PMI Kota Madiun Dwi Santoso ditemui Radar Madiun Jumat (14/6).

Dwi mengatakan, sepanjang Lebaran golongan darah O lebih banyak tersedot untuk pasien di Kota Madiun. Utamanya, kata dia, berasal dari RSUD dr Soedono dan RSUD Kota Madiun. Selama Lebaran, banyak pendonor darah yang memutuskan pergi keluar kota. Dianggap berpengaruh terhadap stok darah di PMI. ’’Minggu depan Insya Allah sudah normal,’’ jelasnya.

Untuk mengantisipasi itu, PMI Kota Madiun rutin mengirim 200 pesan singkat setiap harinya. Mengingatkan pendonor untuk donor. Diharapkan, dari ratusan orang yang dikirim pesan ada sekitar 30 orang yang diprediksi datang. ’’Setelah Lebaran orang mulai beraktivitas normal tapi kan masih disibukkan halalbihalal di institusinya,’’ ungkapnya.

Cara lainnya yang kerap dilakukan adalah jemput bola ke sejumlah arena publik di Kota Madiun. Seperit taman kota dan pusat perbelanjaan. Terkait hal ini, belum maksimal menyasar ke sejumlah titi keramaian. Lantaran PMI Kota Madiun hanya memiliki satu unit kendaraan berupa bus. ‘’Tahun depan berharap ada CSR. Sebenarnya kalau ada Elf memudahkan PMI menjangkau ke kampung-kampung. Karena kalau bus terlalu besar,’’ paparnya.

Dia menjelaskan, stok darah tergolong aman jika setiap golongan darah tesedia sekitar 20-30 kantong darah. Puluhan kantong darah itu cukup untuk tiga hari ke depan. Jika stok sedang menipis seperti sekarang ini setiapa ada pendonor darah yang masuk dipastikan tak sampai memenuhi lemari stok PMI. ’’Bagaimana mau nyimpan, baru masuk langsung dikirim-kirim,’’ pungkasnya. (dil/ota)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here