Stok Blangko E-KTP Masih Kosong

18
MASIH KOSONG: Petugas dispencapil melayani warga yang mengurus administrasi kependudukan.

NGAWI – Warga yang hendak mengurus e-KTP harus bersabar. Pasalnya, hingga saat ini stok blangko untuk mencetak dokumen kependudukan itu masih kosong. ‘’Dalam proses pengajuan, jadi masih menunggu dari pusat,’’ kata Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispencapil) Ngawi Sugeng, Selasa (18/6).

Meski begitu, Sugeng membantah kekosongan itu terjadi lantaran pihaknya terlambat mengajukan permintaan ke pusat. Dia mengklaim, pengajuan dilakukan sebelum stok blangko habis. ‘’Ini (kehabisan blangko, Red) bukan hanya di Ngawi, tapi di berbagai daerah lain pun sama,’’ sebutnya.

Sejatinya, kata Sugeng, masih ada sekitar 500 stok blangko e-KTP di kantornya. Namun, sengaja dipending untuk mengantisipasi adanya kebutuhan mendadak seperti mengurus kerja ke luar negeri dan pejabat pindahan. ‘’Warga yang ingin memiliki e-KTP sejauh ini kami beri suket (surat keterangan, Red),’’ ujarnya.

Dia menambahkan, daftar antrean cetak e-KTP di Dispencapil Ngawi saat ini mencapai lebih dari 3 ribu lembar. Karena itu, Sugeng meyakini jika sisa 500 blangko itu diberikan, tidak sampai sehari ludes. ‘’Sepengetahuan saya, daftar antrean di daerah lain lebih banyak,’’ kata Sugeng sembari menyebut pihaknya sudah mengajukan permintaan blangko e-KTP ke pusat sebanyak 20 ribu lembar.

Sementara, suasana di kantor Dispencapil Ngawi pagi kemarin terlihat ramai. Banyak warga yang mengantre untuk mengurus e-KTP dan administrasi kependudukan lainnya. ’Katanya stok blangkonya kosong dan masih nunggu kiriman datang,’’ ujar Aris Purniawan, salah seorang warga. (tif/isd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here