Srikandi Dewan Maknai Hari Kartini, Simbol Kebangkitan Kaum Perempuan

11

NGAWI – Hari Kartini yang jatuh pada 21 April selalu menjadi momen spesial bagi kaum perempuan. Tidak terkecuali para Srikandi yang selama lima tahun terakhir menjabat sebagai anggota DPRD Ngawi. Bagaimana para legislator perempuan itu memaknai perjuangan Kartini?

Menurut Muflikhatul Hidayati, salah seorang anggota DPRD Ngawi, R.A Kartini merupakan sosok yang menginspirasi para perempuan di era modern ini untuk memiliki semangat terus maju. Kaum perempuan tidak boleh tertinggal dari kaum laki-laki. Sebagai legislator, seorang perempuan juga harus tegas dalam mengambil keputusan selain dituntut selalu ramah kepada masyarakat dan tetap dalam bersikap. ‘’Untuk semua Kartini-Kartini masa kini, teruslah belajar, menambah wawasan demi perempuan Indonesia yang lebih maju,’’ tuturnya.

Peringatan Hari Kartini diharapkan juga dapat menggugah semangat baru bagi para legislator untuk bisa berbuat lebih. Itu seperti diungkapkan Butanti, anggota DPRD Ngawi lainnya. Perjuangan R.A Kartini, kata dia, harus dijadikan motivasi bagi para wakil rakyat untuk lebih dekat dengan masyarakat. Menampung segala aspirasinya, lalu menyalurkannya kepada pemerintah sehingga terwujud apa yang diinginkanmya. ‘’Meski seorang perempuan, kita harus berani dan sigap terhadap permasalahan serta kebutuhan masyarakat,’’ tegasnya.

Anggota DPRD Ngawi lainnya, Sri Haryantiningsih, mengungkapkan bahwa peringatan Hari Kartini menjadi simbol kebangkitan kaum perempuan. Baik kebangkitan dalam hal berekspresi maupun beremansipasi. Namun, dia menegaskan meski perjuangan R.A Kartini disebut telah berhasil mengangkat derajat kaum perempuan hingga setara dengan laki-laki, bukan berarti lupa akan kodratnya. ‘’Kita bisa sederajat tapi tidak boleh melupakan kodrat,’’ pesannya.

Makna lain dari peringatan Hari Kartini diungkapkan oleh Siti Fatimah, anggota DPRD Ngawi lainnya. Menurutnya, Kartini zaman sekarang disimbolkan melalui sosok perempuan smart yang memiliki kelembutan dan kasih sayang sebagai seorang ibu. Juga menggunakan segala potensi dan kemampuan mereka untuk bersama-sama membangun bangsa. ‘’Para perempuan yang siap untuk berpartisipasi dalam pembangunan bangsa ini,’’ tegasnya.

Hal senada dilontarkan Endang Nurbiyaningsih. Politisi perempuan itu menegaskan bahwa peringatan Hari Kartini menandai sebuah kebebasan bagi kaum perempuan. Terutama dalam berpartisipasi dalam membangun negeri. Semangat R.A Kartini dalam memperjuangkan derajat kaum perempuan harus selalu dimiliki.

‘’Saya percaya bagi perempuan-perempuan yang mau mengikuti jejak perjuangan R.A Kartini akan menjadi perempuan tangguh dalam menjalani, menyelesaikan, dan mengurai masalah. Terutama demi keutuhan NKRI dalam segala perbedaannya,’’ paparnya. (tif/isd/adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here