Sri Wahyuni Pastikan Layanan Kesehatan Berkualitas sampai Desa-Desa

19

PONOROGO – Kesehatan merupakan bagian dari pelayanan dasar yang harus diterima masyarakat sebaik mungkin. Pemkab Ponorogo hadir memberikan layanan tersebut melalui berbagai rupa. Salah satunya, layanan posyandu lansia yang tersebar hingga di desa-desa. Ketua TP PKK Sri Wahyuni Ipong Muchlissoni menekankan pentingnya posyandu lansia sebagai fasilitas pelayanan kesehatan terdepan bagi para lansia di pelosok desa.

’’Bagi warga yang jauh dari fasilitas kesehatan di kota, ini merupakan fasilitas penting yang harus dimaksimalkan masyarakat sebaik mungkin,’’ terang Wahyuni, kemarin (11/4).

Perempuan yang juga akrab disapa Bu Ipong itu kemarin mengunjungi TP PKK Desa/Kecamatan Jenangan. Di desa itu, TP PKK dan posyandu lansia setempat bersinergi menghadirkan layanan kesehatan yang efektif dan efisien bagi warga yang berusia lanjut. Mereka, kata Wahyuni, juga harus memperoleh pelayanan kesehatan yang sama baiknya dengan warga yang lain. ’’Umumnya lansia susah menjangkau fasilitas kesehatan di kota. Posyandu lansia ini dekat, hadir di tengah-tengah masyarakat,’’ ujarnya.

Wahyuni meminta masyarakat untuk senantiasa memanfaatkan posyandu lansia sebaik mungkin. Minimal satu bulan sekali, lansia wajib check-up ke posyandu lansia setempat untuk memeriksa kesehatan mereka. ‘’Kalau tertib check up sebulan sekali, akan lebih terkontrol dan terjaga kesehatannya. Warga yang sudah lansia bisa tetap sehat untuk bekerja atau berkumpul bersama anak dan cucu,’’ kata dia. ‘’Bagi yang muda, juga harus rutin berolahraga karena kesehatan itu penting,’’ imbuhnya. (naz/adv/ota)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here