Medsos Jadi Wadah Pengakuan ke Generasi Milenial

41

RadarMadiun.co.id – Akun nostalgia yang dikelola administrator di Instagram (IG) atau Twitter menjadi platform menyalurkan ide dan berekspresi. Dengan unggahan beragam foto atau video klasik, akun itu sanggup menggaet banyak orang yang punya pemikiran serupa. ‘’Medsos memang tujuannya menarik perhatian dengan konten variatif termasuk yang jadul-jadul,’’ kata psikolog, David Ary Wicaksono,.

Menurut David, sebelum bermunculan akun di jejaring sosial, kelompok yang konsen dengan hal berbau nostalgia itu sudah eksis. Misalnya, komunitas pecinta action figure, mainan jadul, peminat musik, dan film serta grup-grup lain yang mengusung tren di era 1980-an atau 1990-an. Mereka berinteraksi secara terjadwal dengan bertatap muka untuk saling berkomunikasi dan berbagi. ‘’Karena sekarang eranya modern, media interaksi itu pun beralih ke medsos,’’ ucap dekan Fakultas Psikologi Universitas Kristen Widya Mandala Madiun tersebut.

Akun seperti generasi 90an, TV 90an, dan Doraemon Hari Ini, sejatinya sarana saling berbagi hiburan kepada para penikmatnya. Namun, belakangan follower-nya juga ingin menunjukkan eksistensi kepada milenial. Bahwa di era dulu ada sesuatu yang langka, bahkan tidak akan dijumpai lagi di era saat ini. Keinginan pengakuan sebagai kalangan yang lahir dalam sebuah generasi sejatinya sudah dimiliki kalangan terdahulu. Sayangnya, mereka tidak memiliki wadah dengan akses luas dan masif seperti medsos. ‘’Pengakuan sebuah generasi adalah hal wajar. Itu akan terus berkelanjutan seiring lahirnya genarasi-generasi lain,’’ katanya.

Menariknya, di luar akun nostalgia sekadar berbagi keseruan, banyak akun pribadi yang memanfaatkan medsos untuk mencari profit. Yakni, menjual berbagai koleksi yang dimiliki. Bahkan, tidak sedikit yang mematok harga sangat mahal karena faktor kelangkaan dan keklasikannya. Serta ada yang sengaja membuat merchandise dengan konsep duplikasi sesuatu yang nyaris hilang. ‘’Misalnya, printing kaus dengan tokoh kartun atau karakter ikonik lainnya. Pakaian model seperti itu jelas sudah tidak bisa ditemukan sekarang’’ paparnya. (cor)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here