Sopir Ngantuk, Truk Bermuatan Puluhan Ton Gandum Nyungsep

669

NGAWI – Ini menjadi peringatan bagi pengemudi jarak jauh. Jangan memaksa menempuh perjalanan kalau kondisi mengantuk.  Jika tidak, bisa-bisa nyawa menjadi taruhannya. Itu seperti nahas yang menimpa Rudianto, 49, warga Desa Sengon, Kecamatan/Kabupaten Jombang.

Truk gandeng nopol S 9147 UX yang dikemudikannnya terjun keluar badan jalan ring road timur Ngawi masuk Desa Kandangan. Beruntung, Rudianto bersama Tyli Prasetyo, 25, kernetnya, tidak mengalami luka serius. Namun, muatan jagung kering seberat 25 ton berserakan di lokasi kejadian. ‘’Suaranya seperti atap rumah yang roboh,’’ kata Rudianto, Jumat (9/11).

Rudianto ternyata tertidur sesaat sebelum truk gandeng yang dikemudikannya nyungsep sekitar pukul 02.30 kemarin. Dia mengaku tidak tahu-menahu kronologi hingga truk gandengnya terjun ke pelataran rumah warga. ‘’Tahunya ruang kemudi truk sudah ringsek,’’ ujar Rudianto.

Kecelakaan lalu lintas (laka lantas) tunggal itu bermula saat truk yang dikemudikan Rudianto melaju dari Jombang menuju Sragen. Dia berangkat dari Jombang sekitar pukul 21.00. Sebenarnya, kantuk sempat dirasakan Rudianto di perjalanan. Namun, dia tidak beristirahat untuk tidur, melainkan memarkir truknya di warung kopi di Nganjuk.

Perjalanan dilanjutkan setelah beristirahat ngopi sejenak dan berencana istirahat lagi di kawasan terminal lama Ngawi. Namun, nahas lebih dulu menghampiri.

Tak berselang lama usai melintasi traffic light, truk yang dikemudikannya mendadak keluar badan jalan dan terjun ke pelataran rumah Panijan. Bak belakang nangkring di bahu jalan. Sementara, kepala truk menghantam jalan menuju rumah warga hingga muatan jagung berceceran. ‘’Tidak apa-apa, cuma luka ringan,’’ tutur Rudianto sembari menunjuk luka babras di dagu dan lutut kanannya yang sudah diperban.

Sementara itu, Panijan, empunya rumah yang pelatarannya mendadak penuh hamparan jagung, mengaku mendengar suara hantaman keras ketika kecelakaan terjadi. Dari dalam rumah, dia lantas mengecek ke luar. Dilihatnya sopir dan kernet truk sudah berhasil keluar dari ruang kemudi.

‘’Tidak tahu seperti apa kejadian persisnya, wong saya baru masuk rumah setelah jualan soto tadi pagi (kemarin, Red). Tahu-tahu ada truk di depan rumah dan jagung tumpah di mana-mana,’’ katanya. (mg8/c1/isd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here