Sopir Kelelahan, Truk Tangki BBM Terbalik setelah Tabrak Tebing

231

PACITAN – Truk tangki bahan bakar minyak (BBM) terbalik di Jalan Raya Pacitan-Solo sekitar pukul 15.00 kemarin (13/12). Tepatnya di Dusun Pelem, Tamperan, Sidoharjo, Pacitan. Truk yang mengangkut 16 ribu liter premium itu lebih dulu menabrak tebing di sisi kiri jalan. Diduga pengemudinya, Sutarto, 42, warga Ngadirojo, Wonogiri, kelelahan menempuh perjalanan jauh. ‘’Ini trip ketiga sopir tersebut,’’ kata Kasatlantas Polres Pacitan AKP Miftahul Amin.

Amin mengungkapkan, sebelum terbalik, truk bernopol B 9278 SFU itu sempat terperosok di lubang sekitar lokasi kejadian. Diduga kaget, sopir yang kurang konsentrasi tak dapat mengendalikan laju kendaraan. Lantas menabrak tebing di sisi Jalur Lintas Selatan (JLS) itu dengan keras. ‘’Sopir hanya luka ringan dan langsung dilarikan ke rumah sakit,’’ ujarnya di lokasi kejadian.

Rusdiawan, 31, kernet truk, mengungkapkan, sebelum ke Pacitan, Sutarto sempat melewati dua perjalanan jauh dari Boyolali, Jawa Tengah, untuk mengantar BBM. Sedangkan perjalanan ke Pacitan trip ketiganya dalam sehari. Sehingga, korban lelah dan mengantuk. ‘’Rencananya BBM akan dikirim ke SPBU (stasiun pengisian bahan bakar umum, Red) di Pacitan,’’ terang kasatlantas.

Petugas pun ekstrahati-hati mengamankan tempat kejadian perkara (TKP). Traffic cone juga dipasang beberapa meter dari kendaraan untuk membatasi warga agar tak mendekat. Tiga mobil pemadam kebakaran (damkar) juga disiagakan di lokasi. ‘’Kami siaga di lokasi untuk mengantisipasi adanya percikan api. Juga menunggu instruksi lebih lanjut,’’ imbuh Kepala Seksi Pengendalian dan Operasional Bidang Pemadam Kebakaran Satpol PP Pacitan Bambang Supriyanto.

Kejadian tersebut mengundang penasaran warga. Mereka berduyun-duyun ke lokasi. Sementara itu, bodi depan truk penyok. Sedangkan premium yang diangkut terus menetes. Dari jarak beberapa meter tercium bau khas bahan bakar yang menyengat. Kernet truk terus menampung tetesan premium dengan alat seadanya. (mg6/c1/sat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here