Sopir Bus Cendana Akui Sengaja Tabrak Restu

355

MADIUN – Bus Cendana nopol AE 7147 UB kemarin (12/2) menabrak bus Restu AE 7064 UG di kawasn Jalan DI Panjaitan. Pemicunya, bus Cendana tersebut mengalami rem blong. Akibatnya, 10 orang mengalami luka-luka. ’’Delapan penumpang, sopir dan kernet juga luka-luka,’’ ujar Iptu Tri Wiyono, kanit laka Polres Madiun Kota.

Kepada polisi, Totok Riyanto sopir Cendana mengaku sebelum ambil alih kemudi kondisi bus dalam kondisi baik. Sampai akhirnya, tujuh meter sebelum lokasi kejadian bus alami rem blong. Sedangkan dari arah berlawan arus lalu lintas cukup padat. ’’Dan menabrak bodi belakang Restu yang dikemudikan Juwari yang pada saat itu dalam posisi berhenti untuk menurunkan penumpang searah di depannya di jalan yang sama,’’ jelasnya.

Totok Riyanto, sopir Cendana mengaku sengaja menabrak bodi Restu. Ini untuk menghindari jatuhnya korban yang lebih banyak. Kondisi yang memungkinkan adalah dengan menabrak bus yang ada di depannya. ’’Itu faktor risiko ringannya, depan samping banyak motor,’’ ujar warga Jalan Soekarno-Hatta.

Lanjutnya, belasan penumpang baru saja dijemput dari Terminal Purboyo menuju Ponorogo. Usai tabrakan keras itu terjadi belasan penumpang terkoyak di dalam bus. Hingga sejumlah prasarana bus rusak. ’’Paling parah yang duduk di tengah, sebab tengah banyak penumpangnya,’’ imbuhnya.

Juwari, sopir Restu mengaku terkejut dengan benturan tersebut. Sebab, dia baru saja menurunkan satu orang penumpang di depan SPBU. Ketika bus hendak berlalu pergi dari arah belakang diserodok cendana. Beruntung, 50 penumpang selamat. ’’Alhamdulilah selamat semua,’’ paparnya.

Juwari mengamini pernyataan Totok. Kecenderungan sopir bus yang mengalami rem blong memilih untuk benturkan kendaraanya di depannya. (mg2/ota)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here