Magetan

Solusi Dishub Magetan Urai Kepadatan Kendaraan Anut Sistem Jalur Lingkar Kota

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Rencana perubahan jalur lalu lintas di Magetan berdampak ke mana-mana. Seperti pengendara dari arah Jalan Monginsidi tidak bisa langsung bablas ke Jalan Manggis saat berada di seputaran Perempatan Selosari. Sebab, dinas perhubungan (dishub) memberlakukan satu arah di jalan tersebut. ‘’Akan kami buat sistem lingkar untuk perubahan arus lalin ini,’’ kata Kadishub Magetan Joko Trihono Rabu (14/8).

Menurut dia, perubahan arus itu karena Jalan Manggis dianggap sudah tidak layak dua jalur. Selain kondisi jalan sempit, juga sering terjadi penumpukan kendaraan di ruas jalan tersebut. Persisnya di sekitar Jembatan Gandong 2. ‘’Kami ubah arusnya hanya ke barat,’’ ujarnya.

Sebagai alternatif, kata Joko, masyarakat bisa lewat Jalan Pattimura kemudian bablas ke Jalan Teukur Umar hingga Jalan Imam Bonjol. Di beberapa ruas jalan tersebut lalu lintasnya juga sepi. Sekaligus sangat memungkinkan untuk dibuka dua jalur. ‘’Supaya terjadi persebaran kendaraan,’’ tuturnya.

Perubahan jalur lalu lintas satu arah juga diterapkan di kawasan Jembatan Gandong 1. Pengendara hanya boleh melaju dari arah utara ke selatan. Pihaknya berharap masyarakat bisa cepat menyesuaikan dengan rencana perubahan jalur lalu lintas tersebut. ‘’Akan kami terapkan jika rambu-rambu sudah siap, biarpun masih dalam tahap uji coba nantinya. Supaya pengendara tidak bingung,’’ terang Joko.

Diungkapkannya, perubahan jalur lalu lintas di wilayah kota itu dibuat sistem lingkar satu jalur. Mulai Jalan Diponegoro sampai Jalan A. Yani. Kemudian ke kiri menuju Jalan Bali, lalu ke kanan ke Jalan Kalimantan hingga Jalan Yos Sudarso.

Setelah itu, lanjut ke kiri lewat Jalan Pandu menuju Jalan S. Parman sampai Jalan Pahlawan. Sistem satu arah juga berlaku dari Jalan Panglima Sudirman, kemudian ke kiri ke Jembatan Gandong 1. Selanjutnya, sepanjang Jalan Manggis hingga Perempatan Selosari. (bel/c1/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close