Ponorogo

Soal Santri Keracunan, Klaim Dapur Umum Ponpes Tak Bermasalah

PONOROGO, Radar Ponorogo – Penyebab dugaan keracunan yang dialami ratusan santri Ponpes Darul Fikri di Desa Bringin, Kauman, masih diliputi misteri. Pun, Dinas Kesehatan (Dinkes) Ponorogo mengklaim tidak ditemukan masalah di dapur umum pondok tersebut.

Dinkes telah menerjunkan tim surveilans epidemiologi dan penyehatan lingkungan dari bidang pengendalian dan pencegahan penyakit (P2P) ke ponpes. Mereka menelisik penyebab dugaan keracunan yang dialami 124 santri. ‘’Kondisi sumber air dan sebagainya tidak ada masalah, memenuhi standar,’’ kata Kepala Bidang Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinkes Ponorogo Yayuk Dwiwahyuni Rabu (20/11).

Saat memantau ke lokasi, pihaknya juga memberikan edukasi agar para penghuni  pondok menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS). Juga, lebih memperhatikan pemilihan bahan makanan, pengolahan, maupun penyajiannya. ‘’Intinya harus terjaga kebersihannya,’’ tekannya.

Meski ratusan santri sempat dirawat di puskesmas dan rumah sakit, Yayuk menilai kasus dugaan keracunan itu tergolong ringan. Pun, sejumlah santri yang sempat dirawat di RSUD dr Harjono memiliki riwayat sakit mag. ‘’Kami belum menjumpai langsung yang muntah dan mata merah,’’ terangnya.

Disinggung soal menu ikan tongkol yang diduga mengandung formalin, Yayuk menyebut harus dibuktikan dengan adanya pengujian laboratorium. ‘’Ya lebih baik menunggu hasil uji lab penyidik,’’ tandasnya. (dil/c1/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close