Soal Relokasi, Jaksa Warning Rekanan Tak Sepelekan Pekerjaan

97

PONOROGO – Sembilan hari menuju relokasi, pembangunan pasar sementara di lahan bekas RSUD Ponorogo baru menyentuh 74 persen. Progres mengkhawatirkan itu diungkapkan Tim Pengawalan, Pengamanan Pemerintahan, dan Pembangunan Daerah (TP4D) Kejari Ponorogo kemarin (20/12). ‘’Harus tuntas sebelum target agar tidak menghambat relokasi,’’ kata Ketua TP4D Kejari Ponorogo Kundrat Mantolas seusai sidak kemarin (20/12).

Kundrat pun mengingatkan, serah terima pekerjaan atau provisional hand over (PHO) dari PT Bumi Lindung kepada Pemkab Ponorogo ditarget 29 Desember. Pembaruan laporan progres 74 persen itu terhitung pekerjaan hingga Rabu (19/12). Minggu lalu (16/12), progres dilaporkan 65,14 persen. ‘’Sudah ada peningkatan tapi rekanan harus bisa mempertahankan pekerjaan secara progresif,’’ ujarnya.

Sejauh ini cuaca memihak perseroan asal Trenggalek tersebut. Tetapi, Kundrat tetap meminta rekanan tidak berleha-leha menganggap enteng pekerjaan di waktu tersisa. Masih ada sejumlah pekerjaan berbobot cukup signifikan dalam tahap penyelesaian. Salah satunya, pemasangan atap. Saat ini, atap sudah terpasang di los 1 dan 2. ‘’Pemasangan atap di los 3 pun sedang berlangsung. Di los 4, kami melihat konstruksi sudah terbangun. Juga, tinggal pemasangan atap,’’ paparnya.

Pekerjaan lain, tegas Kundrat, juga tak bisa disepelekan. Seperti pemasangan instalasi listrik dan pavingisasi. Menurut dia, penambahan waktu dan man power perlu dilakukan untuk dapat mempertahankan progres pekerjaan. Tanggal 29 merupakan harga mati serah terima pekerjaan. ‘’Paling tidak, 30 Desember setelah PHO, pedagang bisa direlokasi,’’ tegas Kundrat.

Siswo Utomo, Pengawas Proyek PT Bumi Lindung, menyebut pekerjaan di los 1 selesai. Sementara, los 2 tinggal menyisakan pemasangan instalasi listrik. Untuk los 3, pemasangan atap tengah berlangsung. Begitu atap klir, instalasi listrik dapat segera dipasang. Bobot pekerjaan di los 4 paling berat karena sampai sekarang belum terpasang atap sama sekali. ‘’Rencananya, atap di los 4 dipasang Sabtu besok,’’ kata dia.

Sejumlah upaya terus dilakukan PT Bumi Lindung. Seluruh material pun telah tersedia di lokasi proyek. Juga, dilakukan penambahan 40 tenaga kerja. Semuanya kerja lembur selama dua sif. Mulai pukul 07.00 hingga 22.00. ‘’Dengan waktu yang tinggal sembilan hari ini, kami masih optimistis,’’ klaimnya. (naz/c1/fin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here