Mejayan

Soal Perselisihan Pilkades, Pemkab Madiun Bentuk Tim Mediasi

MEJAYAN, Jawa Pos Radar Caruban – Pemkab Madiun berencana membentuk tim penyelesaian perselisihan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak 2019. Untuk mengurai substansi persoalan yang dibawa calon kepala desa (cakades) atas hasil pemungutan suara 16 Oktober lalu. ‘’Tim penyelesaian ini gabungan OPD (organisasi perangkat daerah, Red) terkait,’’ kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Madiun Joko Lelono Rabu (6/11).

Joko menjelaskan rencana itu hasil koordinasi Bupati Ahmad Dawami dengan panitia pilkades tingkat kabupaten. Tindak lanjut usai menerima surat permohonan penyelesaian sengketa cakades Pucangrejo, Sawahan. Satu dari empat cakades yang diketahui memprotes surat suara coblos tembus simetris.

Sedangkan cakades Geger dan Kertobanyon, Geger serta Klitik, Wonoasri, belum masuk ke tempatnya per Selasa lalu (5/11). ‘’Surat ditujukan ke bupati melalui kami (DPMD),’’ ujarnya.

Dia menyebut, anggota tim pendamping DPMD jadi kewenangan penuh bupati. Tugasnya menyelesaikan apa yang dipersoalkan para cakades. Karena tidak menemukan kata mufakat dalam mediasi di tingkat desa dan kecamatan.

Pihaknya juga merencanakan jadwal mediasi dengan para cakades. Waktunya dibuat bergiliran sesuai pengajuan dari cakades yang sudah masuk ke tempatnya. ‘’Tentunya disesuaikan tenggat penyelesaian 30 hari selesai sejak 16 Oktober lalu,’’ ucapnya.

Menurut Joko, mediasi tingkat kabupaten merupakan mekanisme penyelesaian sengketa pilkades sesuai Perbup 31/2019 tentang Kepala Desa. Cukup banyak tuntutan dilayangkan cakades yang tidak bisa terurai dalam mediasi tingkat desa dan kecamatan. ‘’Seperti persoalan tatib (tata tertib, Red) pilkades Geger yang masuk dalam substansi pembahasan tim kelak,’’ ujarnya.

DPMD berharap masyarakat bisa kembali guyub rukun. Kembali hidup bersama seperti sebelum pelaksanaan pesta demokrasi enam tahunan itu. Di sisi lain, pihaknya berusaha menjamin tahapan pilkades serentak tidak mandek. Sengketa tidak memengaruhi tahapan yang sudah dilaksanakan sejak awal September. ‘’Terus berjalan pasca pelaksanaan hingga nanti pelantikan,’’ pungkasnya. (cor/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close