Ngawi

Soal Parkir Outdoor, Dindik Tak Bisa Berbuat Banyak

NGAWI – Maraknya insiden laka lantas yang melibatkan pelajar tidak terlepas dari banyaknya siswa yang mengendarai motor saat bersekolah. Tanpa kecuali kalangan pelajar SMP sederajat, meski pihak sekolah melarang.

‘’Sejak dulu kami sudah mengimbau sekolah agar melarang siswanya mengendarai motor,’’ kata Kabid Pembinaan SMP Dinas Pendidikan (Dindik) Ngawi Muh. Luluk Sodiki kemarin (14/2).

Namun, larangan itu ternyata tidak efektif. Buktinya, tetap banyak pelajar yang mengendarai motor ke sekolah. Mereka menitipkannya ke lahan parkir di luar sekolah. Namun, soal parkir outdoor itu dindik tidak bisa berbuat banyak. ‘’Tugas kami sekadar mengimbau lembaga pendidikannya. Di luar itu bukan wewenang kami,’’ kilahnya.

Pihaknya juga sudah melangkah bersama Satlantas Polres Ngawi terkait larangan bagi pelajar membawa motor ke sekolah. Pun memberikan arahan kepada kepala sekolah agar menyosialisasikan imbauan itu kepada para orang tua atau wali murid.

Luluk tidak menampik banyak kasus laka lantas yang melibatkan pelajar. Terkait hal itu, dia menyebut imbas dari minimnya sarana transportasi umum. ‘’Kemungkinan besar, sebagian pelajar terpaksa begitu (membawa motor ke sekolah, Red) karena angkutan umum minim,’’ katanya. (mg8/c1/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close