AdvertorialNgawi

Soal Menara Telekomunikasi Jadi Fokus Perhatian DPRD Ngawi

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Perhatian khusus diberikan DPRD Ngawi terhadap rancangan peraturan daerah (ranperda) usulan eksekutif yang dibahas dalam rapat paripurna Selasa (20/8). Salah satunya ranperda tentang pembangunan, penataan, pengawasan, dan pengendalian menara telekomunikasi. ‘’Itu perlu diatur lebih detail dalam perbupnya nanti,’’ kata Ketua DPRD Ngawi Dwi Rianto Jatmiko.

Antok -sapaan akrab Dwi Rianto Jatmiko- mengungkapkan, satu dari empat ranperda usulan eksekutif tersebut memang menjadi fokus perhatian legislatif selama pembahasan. Alasannya karena di Ngawi selama ini sudah ada perda yang juga mengatur keberadaan menara telekomunikasi meski sebatas pengaturan retribusinya. ‘’Kami tidak ingin nanti terjadi tumpang tindih, jadi harus diperjelas lagi,’’ ujarnya.

Pihaknya juga ingin adanya aturan tersebut ke depan dapat memberikan dampak positif terhadap daerah. Tidak justru dirugikan. Sedangkan soal ranperda lainnya, Antok meminta selalu dikomunikasikan dengan DPRD.

Menurut Antok, setelah ditetapkan menjadi perda memang dibutuhkan aturan turunan untuk implementasinya. Namun, itu tak saklek. Sebab, tidak menutup kemungkinan dalam penyusunan perbupnya menemui kendala. ‘’Di sinilah pentingnya koordinasi dengan dewan. Mungkin perlu direvisi atau bagaimana,’’ ungkapnya.

Selain ranperda usulan eksekutif, kemarin juga dibahas lima ranperda insisatif DPRD. Pun, Antok mengklaim ranperda insiatif lembaganya itu lebih update daripada usulan eksekutif. Misalnya ranperda tentang perusahaan daerah (perusda), kepemudaan, pertanian, dan kesejahteraan lanjut usia (lansia). ‘’Semua sudah update dengan situasi sekarang,’’ tegasnya.

Antok menambahkan, rapat paripurna pembahasan sembilan ranperda tersebut sedianya dilakukan beberapa waktu lalu. Namun, karena hasil proses fasilitasi pemprov turun agak terlambat, rapat baru bisa dilaksanakan beberapa hari menjelang berakhirnya masa jabatan anggota dewan. Meski demikian, dia memastikan semuanya berjalan lancar. (tif/c1/isd/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close