AdvertorialNgawi

SMKN 1 Kasreman Luncurkan Teaching Factory

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Lulusan SMK harus siap kerja. Karena itu, tenaga pengajarnya juga harus mumpuni, memenuni kualitas yang diinginkan perusahaan. Atas dasar itulah, SMKN 1 Kasreman membuat program teaching factory. Yakni, program kerja sama sekolah dengan perusahaan. ‘’Sehingga lulusan yang dihasilkan nanti berkompeten sesuai yang dibutuhkan (industri),’’ kata Kepala SMKN 1 Kasreman Sri Mulyani Senin (14/10).

Dia menjelaskan, ada sejumlah materi pembelajaran yang diberikan kepada siswa. Antara lain, 3D printing atau produksi barang menggunakan komputer. Juga smart school, konsep sekolah dengan teknologi mobile control. ‘’Siswa juga diajari tentang e-commerce. Sebuah pembelajaran online mengenai sistem penjualan, pembayaran, penawaran, dan pemasaran,’’ imbuh Sri Mulyani.

E-commerce yang diajarkan kepada siswa yaitu pembelajaran secara online meliputi sistem pemasaran produk. Semua kegiatan itu terintegrasi dengan bank mini, daftar hadir siswa, ujian, dan lainnya. ‘’Model pembelajaran berbasis industri ini tak sekadar menyiapkan siswa sebagai karyawan yang kompeten, tapi juga dibentuk supaya berani berwirausaha,’’ terangnya.

Kepala Cabdindik Jatim wilayah Madiun-Ngawi Supardi mengapresiasi penerapan program teaching factory oleh SMKN 1 Kasreman. Salah satunya pembelajaran e-commerce. Sebab, sistem pemasaran online itu dinilai prospektif untuk dikembangkan. (rio/tif/c1/her/adv/bar)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close