SMK PSM 2 Takeran Gandeng PT MPM Cetak Lulusan Siap Kerja

83

MAGETAN – Komitmen SMK PSM 2 Takeran mencetak lulusan yang berkompeten terus mereka tingkatkan. Salah satunya dengan menggandeng PT Mitra Pinasthika Mulia (MPM), distributor sepeda motor Honda wilayah Jatim dan NTT. Wujud komitmen itu dibuktikkan dengan diresmikannya bengkel mitra Ahass kemarin (12/4).

Technical Service Division Head MPM  Satyo Prahnowo meninjau langsung bengkel tersebut didampingi ketua YPI PSM Magetan Miratul Mukminin, Boby Wibowo Direktur Cun Motor, dan Bambang Subiyantoro perwakilan Cabdindik Jatim wilayah Ponorogo.

Satyo mengatakan, program studi teknik sepeda motor (TSM) Astra Honda itu diinisiasi oleh AHM sejak 2010 silam. Setelah kemendikbud membuka kompetensi keahlian baru di SMK bernama teknik sepeda motor. Kurikulum tersebut bertujuan meningkatkan kompetensi guru dan mengajarkan siswa dengan pengetahuan dan keterampilan teknik terkini sesuai perkembangan industri. “Peningkatan kompetensi itu juga dilaksanakan dengan standarisasi laboratorium praktik dan memberikan kesempatan praktik kerja industri di jaringan bengkel resmi Honda,” terangnya.

Satyo menambahkan, selama Maret-April 2019 sebanyak 26 sekolah dari 92 SMK TBSM Honda dibawah binaan MPM telah menandatangai kesepakatan bersama antara MPM,  AHASS dan SMK. AHASS sengaja dipilih karena memiliki performa mumpuni dari segi bisnis Honda dan mampu menjadi role model sebagai pembelajaran di SMK tersebut. AHASS akan mendampingi dan juga bisa menjadi guru tamu yang mengajar di sekolah. Sementara, untuk SMK PSM 2 Takeran akan diakomodir oleh CUN Motor. “Dengan adanya program ini, diharapkan bagi siswa SMK PSM 2 Takeran semakin mengetahui bagaimana dunia kerja di lingkungan Honda sekaligus bisa menjadi media praktik untuk menambah kemampuannya,” terangnya.

Kepala SMK PSM 2 Takeran Sukatam menjelaskan, lembaganya adalah yang pertama dan satu-satunya sekolah yang membuka bengkel mitra AHASS di Magetan. Selain itu, SMK PSM 2 Takeran juga mempunyai kelas Daihatsu satu-satunya di Magetan untuk jurusan teknik kendaraan ringan otomotif. ‘’Jadi tak perlu ragu lagi untuk ikut bergabung di SMK PSM 2 Takeran. Karena sudah terbukti dan teruji setelah lulus bisa langsung kerja,’’ tandasnya (ebo/bel/her/adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here