Skala Pembangunan Pasar Legi Songgolangit Diperkecil

117

PONOROGO – Skala pembangunan ulang (rebuild) Pasar Legi Songgolangit diperkecil. Anggarannya dipangkas Rp 3 miliar dari 240 miliar menjadi Rp 237 miliar. Kementerian PUPR itu juga tak berani mengeksekusi megaproyek itu sekali jalan. Bukan multiyear melainkan single year. Walhasil, pembangunan jantung ekonomi yang digadang selesai tahun ini harus diperpanjang hingga tahun depan.

Kepala BPPKAD Bambang Tri Wahono menyampaikan efisiensi skala pembangunan itu disepakati setelah pemkab koordinasi bersama Kementerian PUPR, Rabu (27/2). Dari koordinasi itu juga didapati bila kementerian yang dipimpin Basuki Hadimuljono itu belum memulai lelang. ‘’Dievaluasi sesuai kebutuhan daerah. Prinsipnya, tetap jalan on the track,’’ ungkapnya.

Kementerian PUPR menjanjikan, pengurangan skala ini tak membuat Pasar Legi Songgolangit dibangun alakadarnya. Dalam detail engineering design (DED), bangunannya kelak justru menampung pedagang baru. Seperti pedagang elektronik yang sebelumnya tak pernah ada di jantung ekonomi Bumi Reyog itu. Selain pedagang dari pasar legi, eks stasiun dan eks pengadilan yang saat ini direlokasi. ‘’Konsep bangunannya juga tidak berubah. Tetap pasar modern dan empat lantai,’’ sebut Bambang.

Bambang memastikan masih akan ada pembahasan finalisasi dengan pusat. Selagi menunggu pembahasan itu, Kementerian PUPR meminta pemkab segera mempersiapkan lahan bakal pasar legi baru. Saat ini, pembongkaran pasar ikonik itu tengah dirampungkan makelar pemenang lelang pembongkaran aset. Tengah pekan, progres pembongkaran sudah 50 persen lebih. ‘’Pemerintah pusat juga menunggu lahannya siap, nol persen. Targetnya bulan depan mulai lelang,’’ kata dia.

Ketua DPRD Ali Mufthi berharap pemkab dapat mendukung proyek nasional itu semaksimalnya. Dia pun meyakini pembangunan pasar legi baru akan memberi kemanfaatan luas kepada masyarakat. Pun, ekonomi di Bumi Reyog diyakini juga bakal berputar semakin kencang seiring pembangunan pasar modern tersebut. ‘’Sudah seharusnya pemkab mendukung sebaik-baiknya demi kepentingan masyarakat Ponorogo,’’ tukasnya. (naz/fin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here