Situs Batu Bersusun di Maospati Ini Diduga Peninggalan Majapahit

210

MAGETAN – Situs dan benda cagar budaya (BCB) menyerupai struktur bangunan dari batu yang diduga peninggalan Kerajaan Majapahit ditemukan di Kelurahan/Kecamatan Maospati kemarin (4/3). Bentuknya bersusun ke atas seperti tiga candi.

Situs tersebut ditemukan oleh Sudarno saat tengah membersihkan pekarangan kebun miliknya. Benda itu ditemukan di balik semak belukar dan terkubur dalam tanah. ‘’Saya beserta warga lain sempat terkejut dengan penemuan situs bersejarah tersebut,’’ katanya kepada Radar Magetan.

Temuan itu selanjutnya dilaporkan ke koramil dan pemerintah desa setempat. Sebelum kemudian ditindaklanjuti oleh dinas kebudayaan dan pariwisata. ‘’Kalau dilihat dari tata letak batu memang seperti benda peninggalan kerajaan tertentu. Tapi, untuk memastikannya kami sudah minta disbudpar untuk meneliti,’’ ujarnya.

Sementara itu, pihak disparbud belum bisa memberikan penjelasan terkait temuan situs bersejarah oleh warga Maospati tersebut. Sebagai tindak lanjut, mereka bakal melakukan kajian mendalam. ‘’Kami akan bekerja sama dengan ahli kepurbakalaan untuk memastikan (situs) bangunan itu,’’ kata Dwi, staf Disparbud Magetan. (mgc/c1/her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here