Situng Suara Pemilu 2019 Sangat Lemot

40

PACITAN – Sistem informasi penghitungan (situng) suara Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pacitan lemot. Jarak antardesa yang lumayan jauh dituding jadi biangnya. Hingga pukul 16.00, Kamis (18/4), dari 171 desa/kelurahan baru 15 desa/kelurahan di Kecamatan Pacitan (kota) yang memasukkan data hasil rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2019.  ‘’Beberapa kecamatan juga sudah masuk, baru mulai kami hitung,’’ kata Komisioner Divisi Teknis KPU Pacitan Sulis Setyorini kemarin (18/4).

Menurut Rini, proses pemasukan data ke situng bakal dilakukan dalam tiga hari. Sedangkan KPU RI memberi waktu lima hari kerja. Melalui situng tersebut, masyarakat dan peserta pemilu dapat melihat salinan asli C1 di setiap TPS di Pacitan. Tidak hanya hasil penghitungan suara, namun juga jumlah daftar pemilih tetap (DPT), disabilitas, hingga angka golput dari data yang diunggah. ‘’Kami juga backup secara offline jadi data lebih aman,’’ ujarnya.

Meski di-scan dan upload, dia memastikan minim tingkat kesalahan pemasukan data antara situng dan formulir C1. Sebab, aplikasi tersebut, juga menunjukan tanda error bila terdapat perbedaan input data secara manual dan scan. Pihaknya telah melakukan tiga kali uji coba aplikasi tersebut. ‘’Aplikasi situng juga sudah diperbarui jadi minim kesalahan. Bisa dikatakan zero mistake,’’ klaimnya sembari menyebut menyediakan 25 petugas dalam proses situng.

Dia menambahkan meski hasilnya tertera jelas, namun data situng bukanlah hasil resmi Pemilu 2019. Resminya tetap hasil penghitungan manual KPU. Di Pacitan, untuk tingkat kabupaten bakal dimulai 29 April mendatang. Itu setelah seluruh kecamatan usai merekap penghitungan. ‘’Beda-beda waktu rekapnya ada yang enam hari dan ada yang sepuluh hari. Tergantung jumlah desa dan TPS,’’ jelasnya.

Sementara untuk mengantisipasi gangguan listrik dan koneksi internet. Pihaknya telah berkoordinasi dengan PLN dan Telkom. Dia memastikan proses input data dan upload bakal berjalan lancar. ‘’Kami sudah bekerja sama dengan PLN untuk menjaga listrik tetap stabil. Kami pastikan tidak ada mati lampu dan gangguan koneksi intenet,’’ tambah Rini.

Boleh saja KPU mengklaim telah melakukan input data dari 15 desa/kelurahan di Kecamatan Pacitan. Namun, faktanya, hingga pukul 18.00 baru satu desa yang berhasil diunggah ke laman situng.  KPU berdalih, lemotnya proses tersebut lantaran pengiriman dilakukan secara nasional. (gen/sat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here