Situng Ngaret, Baru 19 Persen

74

PACITAN – Sistem informasi penghitungan (situng) di Komisi Pemilu Umum (KPU) Pacitan ngaret. Meski telah dikebut, hingga hari terakhir kemarin (22/4) baru bisa mengunggah sekitar 20 persen data formulir C1. Sebelumnya, ditargetkan selesai tiga hari. ‘’Ada kendala untuk mengunggah ke website KPU RI. Terutama, susahnya masuk dan verifikasi data,’’ ujar Komisioner Divisi Teknis KPU Pacitan Sulis Setyorini.

Rini mengungkapkan proses tersebut dilakukan secara nasional. Akibatnya, website situng sulit diakses dan lemot. Plus jaringan internet juga lelet. Sebenarnya, proses pindai dan pendataan formulir c1 dari 1.973 TPS sudah usai dalam tiga hari. Dia mengklaim kondisi tersebut terjadi hampir menyeluruh di kabupaten/kota se-Indonesia. ‘’Hari ini (kemarin) kami tetap berusaha menyelesaikan (upload) semua,’’ paparnya.

Terkait kemungkinan perpanjangan situng, Rini bakal menunggu perberitahuan dari KPU RI. Lantaran bukan masalah spesifik di Pacitan, dia memprediksi waktu pengunggahan bakal ditambah. Meski proses tersebut bakal lebih cepat ketimbang rekap manual 29 April mendatang. ‘’Rapat pleno tingkat kecamatan sampai 4 Mei, kemungkinan lebih cepat situng,’’ terang Rini

Meski di-scan dan upload, dia memastikan minim kesalahan pemasukan data antara situng dan formulir C1. Sebab, aplikasi bakal menunjukan tanda error bila terdapat perbedaan input data secara manual dan scan. Pihaknya juga telah melakukan tiga kali uji coba aplikasi tersebut. ‘’Aplikasi situng juga sudah diperbarui jadi minim kesalahan bisa dikatakan zero mistake,’’ paparnya sembari menyebut menyediakan 25 petugas situng.

Sementara itu di website situng hingga pukul 18.00 dari 1.973 TPS yang ada baru 384 TPS yang berhasil diunggah atau 19,46 persen. Sementara jumlah suara yang masuk berkisar 67.868 suara, dengan 45.036 untuk pasangan calon presiden-wakil presiden nomor 02 Prabowo-Sandi.

KPU memastikan seluruh data Pemilu 2019 dapat dilihat di situng. Termasuk perolehan suara masing-masing calon legislatif berbagai tingkat. Dalam aplikasi, data yang diunggah berupa salinan formulir C1 tiap TPS. (gen/sat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here