Situng Baru 49 Persen, 1.000 TPS Belum Masuk

18

PACITAN – KPU Pacitan telah merampungkan rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2019 tingkat kabupaten kemarin (1/5). Mulai pileg DPRD kabupaten hingga pilpres. Namun, sistem informasi penghitungan (situng) suara memunculkan penampakan berbeda. Jangankan rampung, 50 persen pun belum sampai. Padahal aplikasi tersebut digadang-gadang lebih cepat dari rapat pleno. ‘’Sampai hari ini (kemarin) masih ada yang belum terverifikasi,’’ jelas Komisioner Divisi Teknis KPU Pacitan Sulis Setyorini.

Menurut Rini, sapaan akrabnya, hasil rekapitulasi situng masih di angka 49,3 persen. Itu data yang berhasil diunggah dan diverifikasi ke  laman situng KPU. Proses online yang lemot lantaran seluruh KPU daerah di Indonesia menggunakan bersamaan. Padahal proses scan dan entry data C1 plano usai beberapa waktu lalu. ‘’Sebenarnya proses pindai dan pemasukan data C1 sudah selasai sejak lama. Namun verifikasinya sulit,’’ dalihnya.

Meski lebih lamban ketimbang rapat pleno kabupaten, lanjut dia, proses verifikasi bakal terus dilakukan. TSeluruh verifikasi di laman situng ditarget usai 7 Mei mendatang. Itu sebelum rapat pleno tingkat provinsi digelar. Meski menyisakan waktu sepekan, dia optimistis bisa dirampungkan. ‘’Kami gerak cepat sesuai arahan KPU RI,’’ ungkapnya.

Diamenambahkan hasil situng dapat digunakan sebagai pertimbangan warga untuk mengetahui hasil pemilu. Utamanya sebelum rapat pleno tingkat provinsi dan nasional. Sehingga, sebelum kedua pleno tersebut digelar, hasil situng 100 persen harus telah diunggah. ‘’Targetnya bukan hanya Pacitan tapi seluruh Indonesia,’’ paparnya.

Meski sebagai pedoman, namun Rini menegaskan hasil situng bukan hasil resmi. Meski merupakan hasil pindai C1 berhologram asli dari setiap tempat pemungutan suara (TPS). Proses penetapan hasil pemilu bakal dilakukan melalui pleno di tingkat masing-masing. ‘’Tentu secara resmi untuk pilpres dilakukan KPU tingkat nasional,’’ tambahnya.

Sementara itu, di web KPU RI hasil situng di Pacitan baru menyentuh angka 49,31 persen. Dari total 1.973 TPS baru 973 yang berhasil di verifikasi. Kecamatan Nawangan tertinggi dengan 97,1 persen hingga sekitar pukul 18.00 kemarin (1/5). (gen/sat) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here