Siswa TK Katolik Kunjungi TK Islam, Suasananya Bikin Haru

80736
FOTO: BAGAS BIMANTARA/RADAR MADIUN

MADIUN – Toleransi antarumat beragama sudah sepatutnya diajarkan sejak dini. Seperti belasan siswa TK Katolik Santo Bernardus dalam kunjungannya ke TK Aisyiah Bustanu Athfal (ABA) 1 Kamis (9/5). Kedatangan anak-anak yang didampingi kepala sekolah, komite dan sejumlah wali murid disambut hangat.

Cara penyambutan TK ABA 1 juga menarik. Anak-anak perempuan yang berbusana muslim serba putih menari riang gembira  menyambut kedatangan para tamu. ’’Ini menjadi tanda kasih ingin berbagi dengan saudara umat muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa,’’ kata Imelda Gurita Ulam Sari Kepala Sekolah TK Katolik St Bernardus ditemui Jawa Pos Radar Madiun.

Seluruh pelajar TK tersebut membaur dan saling bersuka cita. Pun, sejumlah siswa TK Katolik Santo Bernardus juga berbagi tasbih dan peci. Anak-anak yang menerima tasbih dan peci itupun terlihat bahagia. ’’Mengajarkan kerukunan sejak dini ini penting. Memiliki rasa menghormati, bertoleransi dan berbagi antarsesama sampai dewasa nantinya,’’ terangnya sembari meyebut tahun lalu berbagi di Jalan Pahlawan.

Kepala sekolah TK ABA 1, Ida Ayu Tristiawati mengapresiasi dengan acara yang diprakarsai oleh TK Bernardus. Sehingga menyambut dengan suka cita. Ida mengaku tidak menyangka, bahwa TK  Bernardus datang rombongan membawa, peci, tasbih serta jajajanan untuk berbuka. ’’Ini merasakan tali persaudaraan yang lebih erat antaragama,’’ ujarnya.

Ida juga berusaha menanaman nilai moral toleransi dan kerukunan umat beragama kepada anak didiknya. Mengajarkan, bahwa di Indonesia tidak hanya ada agama Islam. Melainkan juga agama nasrani dan lainnya. ’’Sehingga anak-anak tidak ada jarak antar umat muslim dan nasrani,kami sambut dengan gembira terima kasih untuk TK Bernardus,’’ jelasnya.

Untuk mengajarkan toleransi ini, TK ABA 1 telah mengajak anak didiknya mengunjungi sejumlah rumah ibadah. Ini sebagai salah satu cara untuk memperkenalkan agama lain. ’’Insyaallah kami akan bekerjasama, berkunjung ke tempat ibadah seperti terakhir ke Vihara, dan berbagi dengan teman-teman non-muslim,’’ pungkasnya. (dil/ota)

20 COMMENTS

  1. Markus 10 : 14 ” biarkanlah anak2 itu dtg kepada-Ku, jangan halangi mereka sebab orang2 yang seperti inilah yang empu nya kerajaan Allah “

  2. 👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍

  3. Senangnya melihat senyum seperti mereka. Semoga kita yang lebih dewasa dapat seperti mereka. Indahnya kebersamaan tidak hanya dibulan yang Fitri ini saja. Salam untuk semua sodaraku yang menjalankan puasa semoga lancar dan penuh berkah.

  4. Anak2 TK menjdi contoh bg kita semua, bahwa saling mengunjungi sangat penting sehingga tercipta saling mengasihi, trims anak2 dan guru

  5. Sangat bagus…..bangsa ini harus menjaga budaya nenek moyang kita hidup rukun ,damai dan saling menghargai…trimakasih buat tim pengajar TK kedua belah pihak…kalian hebay

  6. Anak2 yg msh lugu, belum mengenal politik dan fanatisme kelompok, suku. Agama, ras, golongan. Semoga kebiasaan seperti ini akan terus bertumbuh subur sampai dewasa.

  7. Orang dewasa perlu belajar ketulusan dari anak2 TK dlm mengasihi sesama.
    Selamat kpd kedua TK, semoga semakin menginspirasi sekolah2 lain dlm membangun kebinekatunggalikaan.

  8. LUARBIASAAA…. Bagus bgt ini supaya anak2 ini nanti bs punya sikap toleransi yg tinggi antar umat beragama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here