Magetan

Siswa SD Dikenalkan Permainan Tradisional

Paling Sulit Egrang dan Somprengan

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Pemandangan berbeda terlihat di halaman salah satu SD Ringinagung, Magetan, Kamis (7/11). Siswa bergerombol di beberapa titik, memainkan permainan jadul seperti egrang, gobak sodor, somprengan, engklek, bekel, dan dakon.

Setiap siswa yang telah menjajal permainan tertentu diberi stiker untuk ditempelkan di selembar kertas. Murid yang mendapatkan stiker paling banyak akan mendapatkan piala. ‘’Sudah coba bekelan, dakon, engklek, dan egrang,’’ ujar Tiara, salah seorang siswi.

Tiara mengaku kagok saat menjajal beberapa permainan tradisional itu lantaran selama ini belum pernah memainkannya. Dia hanya sedikit tahu soal egrang dari tayangan televisi. ”Yang lain baru lihat sekarang ini,” katanya.

Beruntung, ada beberapa guru dan siswa yang cukup terampil memainkan permainan jadul itu. Pun, mereka tak segan mengajari murid yang tampak kesulitan. ‘’Paling sulit egrang dan somprengan,’’  ucap siswa lainnya.

Wali Kelas VI SDN Ringinagung Sunaryo menyebut, kegiatan itu merupakan bagian dari program belajar di luar kelas. Salah satu tujuannya untuk menekan dampak buruk gadget yang selama ini akrab dengan anak-anak generasi milenial. ”Permainan yang melatih fisik lebih bermanfaat,’’ tuturnya. (fat/c1/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close