Sistem Maintenance, Situng Pileg Tersendat

39

PONOROGO – Data yang disajikan Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng) KPU belum bisa menjadi gambaran hasil pemilihan legislatif (pileg) 2019. Perolehan suara masuk ke KPU hingga pukul 13.00 kemarin baru 2,07 persen dari 61 TPS. Sementara di Bumi Reyog terdapat 2.937 TPS.

Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Arwan Hamidi mengakui adanya kendala pada maintenance di server pusat. ‘’Memang ada sejumlah kendala tekhnis sehingga tak maksimal. Tetapi, data terus masuk ke kami,’’ tegasnya.

Kendala server, lanjut Arwan, terjadi sejak sekitar pukul 09.00 kemarin. Hingga siang, server di KPU pusat masih terkendala dan masih terus di-maintenance. KPU setempat tidak bisa mengunggah data-data hasil rekapitulasi perolehan suara dari TPS. ‘’Belum ada pemberitahuan lebih lanjut maintenance sampai jam berapa,’’ kata dia.

Radar Ponorogo kemarin mencoba membuka situs resmi info pemilu KPU. Menggunakan situng, data yang masuk baru dari dua kecamatan: Jetis dan Siman. Dari data sementara itu, Partai Golkar memuncaki perolehan suara sementara (21,17 persen) disusul Partai Nasdem (20,49 persen) dan PKB (15,58 persen). Data tersebut belum bisa menjadi gambaran global hasil pileg 2019. ‘’Karena data ini terus bergerak. Belum menjadi hasil akhir,’’ ujar Arwan.

Arwan belum bisa memastikan sampai kapan server di KPU pusat mengalami kendala. Pun, tidak ada pemberitahuan dari KPU pusat. Yang jelas, pengumpulan data rekapitulasi suara dari 2.937 TPS terus dilakukan. Hingga siang kemarin, Arwan mengklaim data masuk ke KPU setempat sudah lebih dari 90 persen. ‘’Datanya sudah lebih dari 90 persen masuk di kami. Cuma belum bisa mengunggah sekaligus karena ada kendala di server,’’ terangnya.

Arwan meminta masyarakat bersabar. Masih ada batas waktu hingga Selasa mendatang (23/4) untuk mengunggah data-data tersebut ke situs info pemilu KPU melalui situng. Sesuai tahapannya, penyelesaian unggah data melalui situng ditenggat lima hari. ‘’Maintenance ini tidak parah. Kami masih optimistis selesai sebelum Selasa,’’ tukas Arwan. (naz/fin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here